Inilah, 3 Rekomendasi Makanan yang Baik untuk Para Penderita Asam Urat


Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang paling populer di Indonesia, terlebih bagi mereka yang telah lanjut usia. Dimana penyakit ini sering sekali menjadi penyebab masalah kram pada sendiri, nyeri dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Tidak heran jika mereka yang mengalami masalah ini sering sekali merasa terganggu dalam berbagai aktivitas yang dilakukannya. Karena memang fungsi utama dari organ tubuh sebagai alat penggerak tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya karena terserang oleh asam urat tersebut.

Sebenarnya didalam tubuh setiap orang, asam urat memang dihasilkan dan dibutuhkan oleh tubuh, tetapi dalam jumlah atau ukuran yang tepat. Artinya segala hal yang berlebihan itu memang tidak baik, begitu pula dengan jenis penyakit asam urat yang diakibatkan oleh senyawa berlebih pada tubuh. Jika dilihat secara normal, asam urat sebetulnya bisa larut dan dikeluarkan langsung melalui urine. Tetapi jika berlebihan sehingga terjadi penumpukan, tentu saja akan mengakibatkan rasa nyeri, bengkak bahkan memar. Salah satu pemicu asam urat sendiri adalah pola makan yang salah, maka dari itulah, Anda dituntut untuk lebih bijak lagi dalam memilah jenis makanan mana yang sekiranya baik untuk Anda makan dan makanan mana yang berpotensi memicu terjadinya gejala asam urat.

Jika sudah menderita gejala asam urat, tentu saja Anda perlu paham mana makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dan mana yang tidak. Hal ini tentu saja agar asam urat yang Anda derita itu tidak semakin bertambah parah. Sebagai contoh, berikut ini adalah beberapa makanan yang cukup disarankan untuk para penderita asam urat, yaitu:

1. Sayuran.


Segudang nutrisi yang dimiliki oleh sayuran ternyata dapat bermanfaat baik untuk membantu kesehatan pada tubuh Anda. Untuk kasus asam urat sendiri, memang tidak semua jenis sayuran direkomendasikan, lebih baik pilih yang memang rendah purin sehingga aman. Misalnya saja seperti wortel, paprika, kol merah, dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan sayuran masih dalam kondisi baik sehingga mempunyai manfaat baik bagi tubuh. Dan sebisa mungkin hindari jenis sayur seperti Toge dan kangkung.

2. Buah.


Tidak bisa dipisahkan dari sayuran, buah mempunyai kandungan yang sama baik yaitu gudangnya nutrisi. Untuk meringankan masalah asam urat sendiri, Anda bisa memilih buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti jeruk, kiwi, ceri, lemon, tomat dan lainnya. Karena beberapa jenis buah tersebut dipercaya mampu membantu mengatasi masalah asam urat yang berlebih sehingga keluar bersama urine.

3. Karbohidrat kompleks.


Memilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah asam urat. Banyak sekali jenis makanan yang mengandung karbo seperti kentang, jagung, beras, ubi dan masih banyak lagi lainnya.

Secara umum semua penyakit tersebut memang bisa diatasi dengan pola makan yang sehat dan selektif. Setiap harinya tubuh selalu membutuhkan nutrisi yang berbeda, untuk itu Anda pun harus memahami seperti apa kebutuhan tubuh. Dengan pemenuhan nutrisi yang tepat, masalah yang timbul akibat berbagai penyakit dapat mulai Anda cegah agar tidak Anda alami, baik dalam waktu sekarang maupun pada saat menjelang usia dewasa atau usia tua nanti.


Related Posts

Load comments

Comments