Ingin Aktivitas Ngeblogmu Dibayar? Coba SOSIAGO Influencer Marketing Sekarang!


Saya inget, waktu pertama kali ngeblog dulu, saya bahkan nggak pernah kepikiran kalo aktivitas menyenangkan yang satu ini, dikemudian hari (saat ini maksudnya) justru menjadi aktivitas yang ngasih saya begitu banyak "temen, insight, dan hal-hal menarik lain untuk saya syukuri, termasuk materi off course hehe".

Kita flashback dulu ya...

Kalo diantara njenengan (baca: kalian) ada yang pernah denger atau sempet tau tentang Multiply, itu artinya kita se-angkatan wkwkwk. Soale itu tempat nongkrong pertama saya, sebelum dikemudian hari saya kenal sama platform lain, seperti Wordpress, Blogspot, dan BlogDetik (yang sayangnya telah tiada). Terus sekitar tahun 2008-an saya mulai coba-coba ngeblog di Wordpress (blognya masih ada sampe sekarang), karena banyak temen MP saya yang pada migrasi kesana. Dan baru tahun 2009 akhir saya putuskan untuk migrasi penuh ke Blogspot  (yang blognya masih saya urus sampe detik ini, beralamat di: https://dj-site.blogspot.com/) sekalipun yang mendominasi platform ini waktu itu masih blogger-blogger dari negara tetangga kita kaya Malaysia, Singapore, Thailand, India, dan Pakistan. And to be honest, merekalah yang ngenalin saya sama Google AdSense, AdBrite dan Amazon yang waktu itu lagi "In banget" di ranah persilatan wkwkwk. Dan selama rentang tahun 2009-2011 itulah, ngeblog jadi salah satu rutinitas keseharian yang nggak pernah saya lewatkan barang satu hari pun. Bahkan waktu itu, saya bisa nulis 3 sampai 5 postingan /hari yang keseluruhan isinya nyaris nggak ber-faedah sama sekali bagi kemaslahatan orang banyak hahaha...  But, i'm so happy, really!. Sesibuk-sibuknya saya waktu itu, saya selalu punya waktu untuk nulis minimal 1 postingan setiap hari. Dan yang bikin aktivitas ini lebih mengasyikan lagi adalah ketika saya mulai nulis di BlogDetik, dan beberapa kali dikasih kesempatan jadi "Artis sehari" lewat kolom Postingan pilihan yang waktu itu letaknya ada di sidebar sebelah kanan paling bawah kalo kita buka detik.com, beberapa screenshootnya sempat saya abadikan:





Postingan saya yang judulnya "Ketika Perjuangan Di Kalahkan Oleh Nilai"


Kalo yang ini, postingan saya yang judulnya "E-mail Facebook, Apa hebatnya?"

Tau nggak apa asiknya ketika postingan kita terpilih jadi postingan pilihan di BlogDetik? Bukan soal visitor (sekalipun saya akuin 1 postingan pilihan di BlogDetik jaman itu bisa ngasih kurang lebih 20-40rb visitor hanya dalam waktu seharian itu), (but) ada hal lain yang jauh lebih asik dari itu, tau apaan? Banyak orang yang karena penasaran, kemudian ngikutin blog utama saya dan pada akhirnya jadi temen kopdar saya sampe sekarang. Seru ya? bangettt!

Oiya, terus tahun 2010 akhirnya saya beranikan diri untuk ikut dateng di event blogger terbesar di Nusantara (saat itu). Yap, Pesta Blogger. Waktu itu saya dateng sama temen kampus saya Andri Dwitama Putra yang blognya saya lupa beralamat dimana #GUBRAK. Dan dikali pertama kami menghadiri perayaan akbar ini, kami langsung disambut meriah dengan surat tilang, sirine polisi plus pentungan pak polisi militer di belokan epicentrum wkwkwk...

Jadi ceritanya gini, waktu itu atribut berkendara kita udah lengkap (banget malah), cuma temen saya ini ternyata lupa nyalain lampu motor, alhasil ditilanglah kami (cuma waktu itu masih bisa damai sih #JanganDitiruYaAdekAdek). Dan nggak berapa jauh kita belok ke arah Epicentrum, lagi-lagi ada sirine polisi dan kali ini kita di pentung sama bapak-bapak PM (Polisi Militer) haha... asli, waktu itu saya kira kita bakal di tilang lagi untuk kedua kalinya... temen saya sampe lemes malah... Eh jebule (baca: nggak taunya) kita ngalangin jalan Pak Mentri yang bakal jadi pembicara di Acara Pesta Blogger wkwkwk #GLUNTHANG... Waktu itu Menkominfo kita masih Bapak M. Nuh (FYI, beliau jugalah yang meresmikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional). Sayangnya hp saya masih cukup jadul waktu itu, jadi yang sempet mengabadikan kopdar kita waktu itu cuma temen saya ini dan Mas Alamathur (sayangnya blognya sudah tidak aktif, jadi fotonya pun sudah nggak bisa saya temukan). Kecuali 1 foto ini, yang membuktikan kehadiran saya:

 
Bukan, itu bukan Om Pandji. Cuma mirip doang haha

Sek sek, ngeliat Goodie bag itu saya baru inget, kalo waktu itu Goodie Bag yang dikasih sama panitia tuh buerateee puolll... beneran, tiap kali ngobrol sama temen-temen yang lain, terutama blogger-blogger cewe (sekarang mungkin udh pada jadi emak-emak blogger), yang mereka obrolin cuma si Goodie Bag ini doang, saking berate serasa manggul karung jare mereka :D

Oiyaaaa... ada Om Saykoji juga waktu itu yang bagi-bagi album Indie mereka yang ada lagu Online-nya. Kata si Om semua lagu mereka boleh di download secara ilegal #LOL

~

Terus di tahun selanjutnya, saya dateng sendiri. Dan nama eventnya udah berubah dari Pesta Blogger ke ON|OFF Event. Dan ini salah satu bukti kehadiran saya:


Dan di event ini jugalah sebuah buku antologi yang juga memuat tulisan saya di rilis. Judul bukunya, "Berkat Ngeblog" (nggak tau masih ada yang jual atau nggak). Ini bukunya:


Cuma lucunya, nama yang disebut dibuku ini bukan nama saya, melainkan nama El Husni yang merupakan owner salah satu blog directory. Jadi, kalo njenengan (baca: kalian) sempet punya cetakan pertama buku ini, kalian bisa cari halaman 137 yang ada nama El Husni-nya. Nah itu tulisan saya hahaha...



Mau ditulis Anonim pun nggak masalah sih sebetulnya buat saya, wong temen-temen baik saya juga udah pada tau ini kalo itu tulisan saya. Makanya sampe buku itu di produksi pun saya nggak ada niatan komplein sama sekali ke penerbitnya, yang komplein justru Mbak Anazkia wkwkwk... Duh Mbak'e maturnuwun sanget (Baca: makasih banyak) lho...


Cuma satu hal yang bikin kita sedih adalah, salah satu sahabat terbaik kita, Mbak Yusnita Febri yang jauh hari sebelum itu berencana untuk kopdar bareng kita di acara tersebut justru di panggil menghadap Sang Khalik tepat beberapa minggu sebelum Event ini digelar (Yap, Tuhan lebih sayang sama dia :) ). Dan kalo nggak salah inget, Mbak Anazkia jugalah yang waktu itu ngumpulin seluruh tulisan dari blogger-blogger yang mengenal sosok Almarhumah. Sampe jadi sebuah buku yang juga memuat postingan saya. Ini bukunya:



Itu sih kurang lebih beberapa kepuasan yang saya dapet dari aktivitas menyenangkan yang satu ini. And to be honest, saya amat sangat bersyukur pernah kenal dengan orang-orang menarik seperti mereka :)

Dan dalam hal materi pun, jujur saya akui kalo saya udah dapet begitu banyak barang, baik yang dikasih gratis sebagai hadiah lomba maupun yang saya beli dari hasil saya ngeblog selama ini. Untuk yang saya dapet gratis, salah satunya CCTV ini:


Waktu itu saya menang lomba reviewnya Lazada :)

Dan untuk barang yang saya beli dari hasil ngeblog, ketimbang saya sebutin satu-persatu (banyak soalnya) mending saya ceritain aja kali ya awal mulanya gimana sampe akhirnya saya bisa menghasilkan dari aktivitas yang awalnya pure hobby ini.

Ceritanya bermula ketika saya kenal sama salah seorang Blogger Singapore tahun 2009 atau 2010 silam (saya agak lupa), kalo nggak salah namanya Kevin (saya nggak tau dia masih ngeblog atau nggak). Yang pasti dia orang pertama yang ngenalin saya tentang "Monetising your blog". Kalo ada yang masih inget, waktu itu masih zaman-zamannya blogger pada masang Shoutbox/Cbox di blognya masing-masing, Dan waktu itu, jujur saya nggak tau maksud dari kata "Smile", "Support", dan sejenisnya itu apa? karena tiap kali ada blogger Singapore, Malaysia dan Pakistan yang mampir ke blog saya, mereka pasti ninggalin chat tersebut di Chat room blog saya. Sampe akhirnya karna penasaran, saya coba tanya langsung sama salah seorang temen ngeblog saya ini, dan baru ngeh-lah saya kalo ngeblog itu ternyata bisa menghasilkan, lewat iklan baris/banner yang kita pasang, yang kodenya bisa kita dapet dari Google AdSense.

Wow, makin semangat dong... akhirnya sesuai saran si (kita sebut aja) Kevin ini saya cobalah daftarin blog saya ke AdSense, dan taaa....raaaa selang beberapa jam blog saya langsung ditolak wkwkwk... waktu itu saya nggak ngeh ditolaknya karna apa, dan kar'na kata si Kevin ini submit terus aja sampe diterima akhirnya saya submit terus... seinget saya, saya ditolak lebih dari 20x hahaha #GEDUBRAK... Sampe akhirnya saya bener-bener diterima dan bisa masang iklan (mungkin si mbah udah capek kali ya ngeliat email dari nama saya terus wkwkwk). Dan selama beberapa tahun masang iklan ini, saya akuin saya dapet cukup banyak (Saat itu, saya bisa punya ratusan blog dengan domain TLD dan hosting berbayar).

Hingga suatu ketika, saya sadar kalo arah ngeblog saya ini udah terlalu "Money oriented" (saya masang hampir 5 slot iklan di 1 blog) dan dengan berat hati, akhirnya saya putuskan untuk nyopot semua iklan yang saya pasang di blog berikut: https://dj-site.blogspot.com/, bukan karena statusnya di banned sama AdSense lho ya, tapi lebih karena saya butuh kepuasan lain diluar hal materi. Dan buat saya (buat saya lho ya), ngeblog tanpa masang iklan itu jauh lebih nikmat dari pada ngeblog dengan iklan. Tau kenapa? karena saya bebas nulis semaunya tanpa perlu mikirin CPC dan riset keywords terlebih dahulu :D

Ini bukti, kalo saya masih bisa masang iklan di blog itu kalo saya mau:



Dan entah kenapa waktu itu saya mikir gini, kalo rezeki saya salah satunya memang dari blog-blog saya ini, saya yakin suatu saat nanti bakalan ada jenis iklan lain yang "lebih ramah" untuk para pembaca setia blog saya, terutama buat mereka yang koneksi internetnya nggak sebagus kita yang tinggal di kota-kota besar. Dan bener... selang beberapa tahun kemudian ... sekitar awal tahun 2016. Ada sebuah E-mail yang masuk ke inbox saya, yang isinya kurang lebih menawarkan sebuah kerjasama dalam bentuk content placement untuk di publish di blog saya yang ini. Ini isi emailnya (maaf ada bagian-bagian tertentu yang saya sensor):


Dan kerjasama ini pun, kemudian berlanjut ke beberapa kerjasama lain dalam bentuk dan format yang sama. Baik untuk blog ini, maupun untuk blog saya yang lain.

Content Placement, begitu kemudian saya mengenalnya. Ada juga yang nyebut jenis iklan ini dengan sebutan Blogpost. Whatever lah ya, toh saya juga nggak gitu perduli dengan masalah penyebutannya hehe. Yang saya pikirin waktu itu cuma satu, "Ternyata beneran ada toh jenis iklan yang ramah pengunjung kaya gini". Lho iya kan? kalo saya masang AdSense orang mau baca postingan saya yang manapun mereka pasti ngeliat iklan/banner yang saya pasang itu kan? Lha klo ini kan "nggak kasat mata" istilahe #EmangDemit

Nah, dari sinilah kerjasama saya dengan Optify terus berlanjut. Bukan dalam bentuk direct offer via E-mail lagi. Tapi dalam bentuk Bid Project yang saya lakukan di Influencer Marketplace mereka yang dahulu beralamat di iBlogmarket.com. Dulu tampilannya kaya gini:


Sampai akhirnya mereka melakukan Re-branding dan mengubah nama iBlogmarket menjadi SOSIAGO. Sebuah wadah yang kemudian dimanfaatkan oleh para advertiser untuk menemukan ribuan influencer (blogger, buzzer, maupun youtuber) seperti saya. 

Dan yang paling saya suka dari SOSIAGO,  adalah menu dan alur project di website mereka yang amat sangat user friendly. Btw, kalian udah pada Coba SOSIAGO Influencer Marketing belum nih? Kalo belum, jangan lupa dicoba yaaaa...

Beneran, cara nge-bid project di SOSIAGO tuh simple banget lho. Setelah ngisi profile dan tambah channel (Blog, Akun socmed, channel YouTube, dll) di menu Account, kita cuma tinggal nunggu ada campaigne baru yang running atau direct task dari pihak SOSIAGO doang. Contohnya kaya gini:


Monggo (baca: silahkan), perhatiin gambar diatas, kolom #112 Blogpost Desember 2018 diatas menunjukkan salah satu Campaigne baru yang belum saya bid. Nah, misal kita mau ikutan campaigne yang ini, kita cuma perlu meng-klik tombol JOIN CAMPAIGN, dan nanti akan ada pop-up Konfirmasi Offering yang muncul, penampakanya kaya gini:


Jumlah channel disitu, tergantung seberapa banyak Channel yang njenengan (baca; kalian) tambah di menu Account njenengan masing-masing. Kalo saya, kebetulan cuma tambah 5 channel aja. Cara mengkonfirmasinya pun gampang banget, cukup centang channel-channel mana aja yang mau kita ikut sertakan dalam campaigne tersebut. Dan klik CONFIRM. Dalam contoh ini, saya coba centang semuanya ya hehe


Nah, nanti... ketika salah satu channel yang kita daftarkan dipilih oleh advertiser atau oleh Tim SOSIAGO sendiri, kita akan dapet pemberitahuan baik melalui email, maupun melalui sms ke alamat email dan nomer handphone yang kita daftarkan sebelumnya. Contoh task-nya kaya gini:



Untuk melihat brief dan mengunduh file artikel dalam format .docx yang sudah disediakan oleh advertiser, njengan bisa langsung meng-klik menu CHAT pada masing-masing task, dan mengunduh lampiran serta membaca briefnya disana. Nah, nanti kalo artikelnya udah kita publish, kita tinggal klik tombol hijau disebelah tombol CHAT yang ada tulisan KIRIM (contoh saya diatas sudah berubah menjadi tulisan LIHAT, karena jobnya sudah saya kerjakan dan report urlnya juga sudah saya kirim). 

CATATAN: Yang pelu njenengan sekalian perhatikan adalah "Deadline" dari masing-masing task tersebut. Karena ada deadline waktu yang diberikan oleh pihak SOSIAGO, baik untuk menerima Task, Mengerjakan Task, maupun menunggu status Task yang sudah kita kirim (di approve atau  ada revisi).

Nah, kalo project kita sudah di approve, biasanya besaran fee yang kita terima akan langsung masuk ke Saldo akun kita yang letaknya ada bagian kiri atas (persis di bawah nama profile kita). Serta di menu Billing, contohnya kaya gini:


Dan setiap tanggal 1 diawal bulan, status saldo tersebut akan secara otomatis berubah menjadi pending withdraw jika saldo tersebut sedang tidak dalam keadaan kita "TABUNG DULU". Dan sama seperti di iBlogmarket dulu, pembayaran dari SOSIAGO pun akan kita terima di hari kamis minggu ke-2 setiap bulannya. 

Gimana? simple kan? Makanya buruan Coba SOSIAGO Influencer Marketing sekarang :) 





4 Comments

  1. jenengan panceng ngeten mas (y) => dibaca JEMPOL

    mbaca artikel e mas dinand seru banget.. ada sedihnya juga..

    semoga juara kontesnya mas.. minimal juara 1 lah..

    BalasHapus
  2. Satu saja komentar saya: kenal Kakak Anazkia juga? Uh wow, dunia sempit ya hahaha :D

    BalasHapus