Langkah Merawat Bayi Saat Mandi


Menjalani peran sebagai ibu yang memiliki bayi yang masih mungil menjadi hal yang menyenangkan sekaligus was-was karena takut salah dalam memilih produk yang tepat, salah satunya sabun. Dalam artikel https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/4-alasan-mengapa-bunda-harus-memperhatikan-kandungan-antibacterial-pada-sabun-bayi disebutkan bahwa kandungan zat dalam sabun mandi bayi ada yang dapat menimbulkan alergi karena tidak cocok bagi kulit buah hati. Sebab itulah saat membeli, bunda sebaiknya baca dulu komposisinya, apakah terbuat dari bahan alami yang aman atau sebaliknya.

Saat memandikan bayi pun tidak boleh sembarangan, sebisa mungkin persiapkan tempat mandi yang nyaman agar bayi tidak rewel saat dimandikan. Adapun tahapan yang dapat diikuti adalah sebagai berikut:

1. Siapkan peralatan mandi dan produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi misalnya sabun, sampo, handuk, dan bak mandi.


2. Menyiapkan air hangat dengan suhu berkisar 32 derajat celcius. Bak untuk mandi jangan terlalu penuh, isi kurang lebih 7 cm saja.


3. Buka baju bayi dan masukkan secara perlahan supaya buah hati tidak menangis karena kaget.


4. Usap bagian wajahnya dengan lembut menggunakan lap basah. Jangan lupa bersihkan juga bagian mulut hingga dagu untuk menghilangkan noda bekas susu yang menempel.


5. Bersihkan tubuhnya secara merata mulai bagian tangan, dada, perut, hingga kaki. Bayi yang berusia kurang dari satu minggu sebaiknya jangan menggunakan sabun dulu karena kondisi kulitnya yang masih sangat licin dan sensitif.


6. Keringkan tubuh bayi menggunakan handuk yang lembut lalu aplikasikan produk perawatan yang aman untuk kulit buah hati.


7. Segera pakaikan baju agar bayi tidak merasa kedinginan setelah mandi. Pilih pakaian yang nyaman dan berbahan lembut supaya tidak menyebabkan iritasi pada kulit.


Ketujuh langkah tersebut bisa bunda ikuti saat akan memandikan bayi. Selain itu berhati-hatilah saat membeli produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi, karena saat ini banyak sabun dan sampo yang mengandung bahan berbahaya seperti pengharum dan pewarna buatan. Konsultasikan dulu dengan dokter jika ingin mendapatkan produk yang tepat atau sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan alami seperti susu, olive oil, minyak kelapa, dan sebagainya.

Comments