Yuk Kenali 4 Jenis Generator yang Paling Sering Digunakan


Ada banyak load bank atau generator set yang berada di pasaran. Ada beberapa spesifikasi khusus dari masing-masing generator yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pemakai. Nah, jika kamu ingin memilih generator set sebagai penunjang daya untuk bisnismu, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis generator yang biasa digunakan berikut ini. 

1. Generator Set Bensin 


Generator set yang satu ini juga disebut dengan nama gasoline generator karena menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Generator jenis ini banyak dipilih karena perawatannya tidak sulit dan bahan bakarnya mudah ditemukan. Generator bensin juga tidak menimbulkan suara berisik sehingga lebih nyaman meski menggunakan tipe open yang terbuka. 

Meski begitu, generator bensin lebih cepat panas sehingga masa pakainya tidak tahan lama. Generator bensin sendiri memiliki dua tipe yaitu tipe 2 tak dengan daya listrik hingga 1000 watt dan tipe 4 tak yang menghasilkan listrik hingga 10.000 watt. 

2. Generator Set Solar atau Diesel 


Seperti namanya, generator ini menggunakan solar sebagai bahan bakar. Umumnya, generator solar menghasilkan daya listrik yang cukup besar yaitu mulai dar 10.000 hingga 100.000 watt. Generator ini biasa digunakan untuk industri besar dan menengah. Mesin generator diesel lebih berisik dari generator bensin sehingga butuh ruang khusus untuk penempatannya. 

Namun bagi kamu yang memerlukan solusi listrik untuk industri berkapasitas besar, jenis generator yang satu ini merupakan pilihan yang tepat. Selain daya yang dihasilkan cukup besar, mesin generator diesel lebih tahan lama untuk penggunaan dalam jangka waktu panjang. 

3. Generator Set Gas 


Menggunakan gas sebagai bahan bakar, generator jenis ini memakai LPG (Liquid Petrolum Gas) atau CNG (Compressed Natural Gas) untuk menyalakannya. Generator berbahan bakar LPG biasa digunakan di perumahan sebagai penggunaan jangka panjang. 

Sedangkan generator berbahan bakar CNG biasa digunakan untuk industri besar seperti rumah sakit atau pabrik. Pemasangan pipa instalasi permanen dan pembiayaan yang cukup mahal membuat generator jenis ini hanya digunakan oleh beberapa perusahaan tertentu. 

4. Generator Set Tenaga Surya 


Generator atau load bank jenis ini biasa dipakai untuk penggunaan berdaya kecil di rumah ataupun industri rumahan. Hal ini dikarenakan panel surya memiliki harga yang cukup mahal dengan jumlah produksi yang masih terbatas. Namun generator jenis ini memiliki perawatan lebih mudah dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Bagaimana sudah memutuskan generator jenis apa yang bisa menjadi solusi listrik untuk industri milikmu? Jika kamu merasa berat untuk membeli generator, saat ini Sewatama menyediakan jasa penyewaan load bank yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sewatama juga menyediakan tim engineer handal untuk pemasangan dan perawatan berkala untuk generator. 


Comments

  1. Baru tahu kalau generator pun ada jenis-jenisnya hahaha. Selama ini tahunya, generator ya generator. :D

    BalasHapus