Inilah, 7 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Gugup Ketika Menghadapi Wawancara Kerja


Merupakan hal yang wajar jika Anda merasa gugup dalam menghadapi sebuah wawancara kerja. Namun rasa gugup yang berlebihan, justru dapat membuat anda "gagal fokus" dalam melakukan wawancara kerja, yang pada akhirnya justru menyebabkan hasil yang anda dapatkan kurang maksimal.

Nah, bagi Anda yang masih kesulitan untuk melawan rasa gugup Anda ketika melakukan wawancara kerja, berikut beberapa cara mengatasi rasa gugup ketika menghadapi wawancara kerja yang mungkin dapat sedikit membantu

1. Latihan


Salah satu penyebab utama munculnya rasa gugup adalah kekhawatiran yang seringkali tidak beralasan. Takut tidak dapat melakukan wawancara kerja dengan baik, menjadi satu diantara sekian banyak faktor yang memicu timbulnya rasa gugup, bahkan sebelum kita benar-benar melakukan wawancara tersebut. Maka dari itulah, sebelum melakukan wawancara kerja, sebisa mungkin sediakan waktu untuk berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara. Minta teman atau saudara anda untuk berpura-pura mewawancarai Anda dan memberikan Anda kesempatan untuk menjawabnya. Hal itu akan membuat anda merasa lebih baik dan nyaman dalam menghadapi wawancara kerja yang sesungguhnya. Jika bisa, rekam juga latihan anda dalam bentuk video atau suara sehingga Anda dapat melihat atau mendengarnya dimanapun dan kapanpun, ketika rasa gugup tersebut mulai muncul.

2. Pelajari CV anda dengan detail


Adalah penting untuk mempelajari secara detail CV yang telah anda buat, karena CV tersebutlah yang nantinya akan menggambarkan dan menjelaskan siapa anda kepada lawan bicara anda dalam wawancara tersebut. Dengan memahami CV yang telah anda buat, Anda tentu akan jauh lebih mudah menjawab setiap pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara, jika ada hal-hal yang kurang jelas yang mereka temui dalam CV tersebut.

3. Visualisasikan diri Anda


Visualisasikan diri Anda sebagai orang yang sedang melakukan wawancara kerja dengan baik. Gambarkan diri anda sebagai pribadi yang komunikatif, mampu bekerja sama dalam sebuah tim, dapat diandalkan, punya motivasi kerja yang tinggi, teliti, serta mampu berpikir "out of the box" dalam situasi-situasi tertentu yang memerlukan pertimbangan. 

4. Jangan lupa untuk tersenyum sebelum, selama dan setelah wawancara


Sebuah senyuman tidak hanya dipercaya dapat menghubungkan seseorang dengan orang lain yang mereka temui, namun dapat juga mengaktifkan hormon endorfin dan serotonin, yang berfungsi untuk meningkatkan mood dan suasana hati Anda. Atau dengan kata lain, sebuah senyuman dapat membantu menurunkan rasa gugup anda dalam sebuah wawancara kerja yang sedang berlangsung.

5. Rasakan keluar masuknya nafas


Ketika merasa gugup, napas kita menjadi dangkal, Atau kita bahkan mulai menahan nafas. Jika hal ini yang seringkali anda lakukan, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan, beberapa saat sebelum interview dimulai. Kemudian, sadari keluar masuknya nafas Anda sampai anda merasa lebih relax.

Merasakan keluar masuknya nafas merupakan salah satu praktek umum dalam meditasi yang dapat membuat kita menjadi lebih tenang.

6. Anggaplah wawancara kerja tersebut sebagai sebuah percakapan


Mengapa demikian? Karena ketika anda menganggap wawancara kerja tersebut tak ubahnya seperti sebuah percakapan biasa, anda dapat lebih tenang dan percaya diri.

7. Persiapkan Diri Anda dan jangan memasukkan tangan kedalam saku saat sedang menunggu



Dan terakhir, persiapkan diri Anda, rapihkan rambut, dasi, dan lengan kemeja anda sebelum memasuki ruang interview dan usahakan untuk tidak memasukkan tangan anda ke saku celana, karena hal ini justru akan membuat anda semakin gugup, bahkan jauh lebih gugup dari sebelumnya.

Nah, itulah 7 cara sederhana mengatasi rasa gugup ketika menghadapi wawancara kerja :D

Minna, Ganbatte Kudasai! :)

Comments

  1. Wajib dibaca oleh semua orang yang sedang mencari kerja dan/atau sebentar lagi bakal wawancara kerja.

    BalasHapus