Ini Dia, 4 Hal Yang Wajib Anda Pertimbangkan Lebih Dulu Sebelum Memilih Layanan Web Hosting Murah Terbaik


Memilih layanan Hosting murah ataupun mahal sebetulnya bukanlah sebuah prioritas utama. Karena yang paling penting sebetulnya adalah apakah hosting tersebut sesuai dengan kebutuhan website atau blog yang dikelola atau tidak. Nah, karena web hosting ini adalah tempat untuk menyimpan berbagai data yang dibutuhkan oleh sebuah website atau blog mulai dari file, teks, gambar, email, video, script, dan sebagainya, keberadaan web hosting sangatlah penting.

Maka dari itu, Anda harus bisa mendapatkan web hosting yang benar-benar sesuai dan berkualitas untuk kebutuhan website atau blog pribadi Anda.

Jika ingin diibaratkan, hosting bagaikan sebuah ruangan di dalam sebuah mall. Anda tentu saja tahu bahwa setiap ruangan atau kios yang disewakan di sebuah mall, biasanya sudah mencakup kebutuhan listrik, telpon, dan fasilitas lainnya, tergantung dengan kebutuhan orang yang membuka usahanya disitu.

Sama seperti hosting, setiap server pasti akan memberikan ruang-ruang tersendiri dengan spesifikasi yang beragam untuk disewakan ke para pengguna. Nah, tugas Anda adalah memilih hosting yang memiliki spesifikasi atau fasilitas yang paling sesuai dengan website atau blog yang Anda kelola. Jadi jika ingin disimpulkan, server merupakan gedung mall tersebut, sedangkan ruangan beserta fasilitasnya adalah web hosting dan spesifikasinya.

Lantas sulitkah mendapatkan layanan hosting terbaik harga murah dengan fasilitas yang mumpuni?

Sama sekali tidak. Meskipun yang sedang kita bahas kali ini adalah cara mendapatkan layanan hosting dengan harga yang murah, namun murah yang dimaksud di sini bukan murah dalam artian buruk. Karena semua yang murah belum tentu murahan. Di Indonesia sendiri, Anda bisa mencari dan mendapatkan berbagai penawaran sewa web hosting dengan harga yang murah, plus kualitas yang tetap terjamin.

Namun tunggu dulu, karena setiap pemilik website atau blog memiliki kebutuhan atau spesifikasi yang berbeda-beda. Maka dari itu, anda dituntut untuk jeli dalam memilih sebuah layanan hosting. 

Nah, bagi anda yang sedang bingung ingin "nge-host" dimana? Beberapa hal berikut mungkin dapat turut anda pertimbangkan sebelum memilih layanan web hosting yang paling tepat untuk website atau blog pribadi Anda, apa saja itu? mari kita lanjutkan...

1. Biaya


Keefektifan biaya adalah faktor nomor satu yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan hosting murah. Semakin Anda memahami kebutuhan seperti apa yang Anda butuhkan untuk website atau blog pribadi Anda, Anda bisa menekan biaya sewa web hosting. Dengan demikian, Anda tetap bisa mendapatkan layanan maksimal sesuai dengan yang Anda butuhkan, sekalipun dengan harga yang cukup murah.

2. Space



Selain itu, Anda juga harus memperhatikan seberapa besar disk space yang Anda butuhkan. Untuk sebuah website atau blog yang tidak membutuhkan banyak konten, misalnya untuk sebuah forum diskusi dengan fitur attachment yang di non-aktifkan, space sebesar 200 MB - 1 GB pun sudah lebih dari cukup untuk menampung data-data yang dimiliki oleh website atau blog pribadi Anda. Namun bagi sebuah perusahaan, yang hendak membuat sebuah website company profile, dengan file produk yang bisa dikatakan cukup banyak. space yang dibutuhkan tentu saja akan jauh lebih besar.

3. Kualitas


Meskipun yang kita cari adalah sebuah layanan hosting murah, Namun faktor kualitas tidak boleh kita abaikan begitu saja. Setiap perusahaan/jasa/layanan yang menawarkan penyewaan hosting dengan harga murah biasanya akan memangkas beberapa bagian atau fitur tertentu supaya setiap layanannya dapat berjalan dan terkelola dengan baik, sekalipun dengan harga yang cukup murah. Misalnya, ada pembatasan dalam jumlah add-on domain, bandwidth, dan lain sebagainya. Untuk itulah, anda lagi-lagi dituntut untuk lebih jeli dalam menentukan pilihan. Mana yang hanya sekedar murah dan mana yang betul-betul murah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Risiko


Akan selalu ada risiko bagi setiap pilihan yang anda buat, tak terkecuali risiko yang akan anda hadapi, seperti server yang mengalami overload. Sebuah web atau blog dengan visitor atau pengunjung yang cukup ramai, tentu saja akan membuat beban server menjadi semakin besar. Itulah mengapa, tak jarang server menjadi down dan mengakibatkan website atau blog yang Anda hosting disana menjadi jauh lebih lambat atau bahkan tidak dapat diakses sama sekali. Itulah mengapa, faktor bandwidth, harus menjadi salah satu pertimbangan penting lain yang anda perhatikan, selain space dan harga yang ditawarkan. Jika ada, cari layanan web hosting dengan penawaran bandwidth yang unlimited atau unmetered.

Itulah kira-kira beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan, sebelum memilih layanan  hosting murah yang sesuai dengan kebutuhan website ataupun blog pribadi anda.

Dan sebagai rekomendasi, beberapa layanan hosting berikut ini mungkin dapat turut anda pertimbangkan. 


hosting murah

Saya pribadi kebetulan menggunakan layanan hosting lokal DomaiNesia, untuk sebuah web client yang saya kelola. Dan jujur saja, diantara sekian banyak layanan hosting yang pernah coba saya gunakan, DomaiNesia merupakan salah satu penyedia layanan web hosting terbaik dengan kualitas yang amat mumpuni. Oiya, di DomaiNesia saya pernah menggunakan server Singapore (untuk forum pribadi saya dulu) dan Indonesia (untuk client) dengan panel client yang berbeda. Dan keduanya sama-sama memuaskan, baik dari segi harga, maupun kualitas. Nah, untuk anda yang berencana menggunakan layanan DomaiNesia atau ingin terlebih dahulu melihat-lihat tabel harganya, anda bisa meng-klik tautan berikut ini: www.domainesia.com dan jangan lupa untuk memasukkan kode kupon: serabutan ketika checkout untuk mendapatkan diskon hosting sebesar 20%.

2. IDhosts


Layanan hosting lain yang selama ini saya gunakan dan amat saya sarankan bagi anda, adalah IDhosts. Di IDhosts sendiri saya memilih server offshore yang berlokasi di belanda. Dengan pertimbangan lebih secure dalam hal privacy dan data-data yang saya miliki. Namun selain Server Belanda, IDhosts juga menyediakan pilihan server lain, seperti Singapore dan USA. Oiya, IDhosts juga memberikan layanan pindah website gratis (migrasi dari hosting lama), jika anda membutuhkan. Dan bagi anda yang ingin mencobanya, silahkan klik tautan berikut ini: idhosts.co.id dan jangan lupa untuk memasukkan kode promo: SGIDFL10% ketika checkout untuk mendapatkan diskon hosting singapore sebesar 10%. Kode promo: USIDFL25% untuk mendapatkan diskon hosting USA sebesar 25% dan kode promo: LuxIDFL15% untuk mendapatkan diskon hosting Offshore Luxembourg sebesar 15%

3. IDwebhost



Satu hal yang paling saya suka dari IDwebhost adalah support mereka yang cukup cepat dalam menanggapi setiap keluhan atau pertanyaan pelanggan. Di IDwebost sendiri saya mempercayakan 8 domain. Namun, karena hingga detik ini saya belum pernah menjajal layanan hosting mereka. So, untuk soal harga dan kualitas, silahkan anda cek langsung melalui tautan berikut ini: member.idwebhost.com

Nah, itulah 3 web hosting terbaik yang dapat saya rekomendasikan bagi anda. Dan tentu saja, pilihan kembali berpulang kepada anda masing-masing.

Comments