Kamis, 16 Juni 2016

Sudah Mencoba Berbagai Cara Menggemukan Badan Namun Masih Gagal? Jangan Abaikan Faktor Berikut Ini!


Pernah mendengar atau membaca kalimat berikut ini, "Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang". Pernah lah ya pastinya, bahkan ada yang mungkin akan langsung menjawab, "saya sering sekali mendengar atau membacanya". Mendengar kata-kata tersebut, tak sedikit orang yang kemudian akan menyanggahnya dengan berkata, "Maaf, tapi saya tidak temasuk salah satu diantara orang-orang yang dimaksud. Toh saya sudah cukup bersyukur dengan bentuk tubuh yang di Anugerahkan Tuhan, apalagi itu kan cuma quotes iklan". Yap, betul, bentuk tubuh seperti apapun yang saat ini kita miliki, memang merupakan anugerah Tuhan yang harus dan wajib untuk kita syukuri, namun menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab yang dipercayakan Tuhan kepada kita, makhluk ciptaan-Nya. Dan tentu, untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar, kita juga harus mengatur pola makan dengan baik, rajin berolahraga, serta istirahat dengan cukup pada malam hari. Karena mustahil untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar, jika pola makan kita saja tidak teratur, jarang berolahraga, dan bahkan sering begadang pada malam hari.

Dan biasanya ketika, stamina tubuh kita mulai menurun dan ada keluhan yang kita rasakan, barulah kita mulai kembali mempertimbangkan kalimat diawal tadi. Karena suka tidak suka, bentuk tubuh yang ideal dan proporsional memang akan ikut menentukan tingkat kebugaran tubuh kita. Dan itu bukan hanya sekedar iklan, melainkan sebuah fakta medis, yang bisa dibuktikan dalam rumus perhitungan berat tubuh ideal dimana usia dan tinggi badan akan menjadi variabel penentunya.

So, tidak heran jika kemudian beberapa orang dengan berat badan berlebih mulai berusaha menurunkan berat badannya, dan sebaliknya beberapa orang dengan berat badan yang kurang ideal juga ikut berusaha menaikkan berat badannya. Tujuannya, jelas agar dengan bentuk tubuh yang ideal kita sebisa mungkin dapat terhindar dari serangan penyakit. Karena mencegah tentu lebih baik daripada mengobati.

Menurunkan dan menaikkan berat badan mungkin merupakan hal yang mudah bagi sebagian orang, tapi tidak untuk sebagian lainnya. Secara khusus menggemukan badan, mungkin menjadi sebuah tantangan berat bagi sebagian orang. Sebab ada orang-orang yang tubuhnya tetap saja kurus sekalipun sudah mencoba makan lebih banyak dari porsi yang biasa disantapnya. Tidak heran jika banyak diantara mereka yang kemudian merasa lelah & frustasi setelah gagal menggemukan tubuh sekalipun sudah mengikuti berbagai panduan dan cara menggemukan badan dari berbagai sumber. Betul, faktor genetik merupakan salah satu penyebabnya, namun diluar itu ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhinya, beberapa diantaranya adalah:

1. Kurang asupan kalori

Secara subjektif Anda bisa saja mengatakan, "asupan kalori Anda sudah cukup", namun jika semua cara menggemukan badan yang Anda coba masih juga gagal, coba cek dahulu asupan kalori harian Anda. Supaya lebih mudah Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi mobile dibidang kesehatan yang tersedia secara gratis untuk Anda unduh.

2. Terlalu banyak aktivitas

Jika asupan kalori harian Anda memang sudah cukup, coba tinjau kembali aktivitas keseharian Anda, bisa jadi aktivitas Anda yang terlalu banyak lah yang membuat Anda susah menggemukan badan. Karena seperti yang sama-sama kita ketahui, aktivitas fisik yang cukup banyak dan melelahkan tentu akan ikut membakar banyak kalori tubuh. Akibatnya, semua cara menggemukan badan yang Anda tempuh akan tetap sia-sia, jika Anda tidak mencoba menambah asupan kalori ekstra.

3. Kurang olahraga

Olahraga bukan hanya baik untuk menurunkan berat badan, namun juga baik untuk menaikkan masa otot dan menambah berat badan. Olahraga teratur 3-4 kali dalam seminggu mungkin bisa membantu Anda menggemukan badan dengan lebih cepat. Tentu dengan memilih jenis olahraga yang tepat, seperti Jogging, lari, bersepeda, atau bahkan futsal, berenang, dll

4. Nutrisi yang kurang tepat

Banyak orang berpikir sayur dan buah-buahan menjadi makanan yang paling sehat dan tepat untuk dikonsumsi. Tapi jangan lupa, tubuh Anda juga membutuhkan kalori padat seperti nasi. Jadi jika makanan utama Anda hanya sayur dan buah, ada kemungkinan kandungan nutrisi dalam tubuh Anda yang memang kurang sesuai. Cobalah untuk mengkonsumi Nasi merah, oatmeal, kacang-kacangan serta susu. Dan sebagai rekomendasi cobalah untuk mengkonsumsi susu dengan kandungan protein yang tinggi seperti halnya L-Men Gain Mass, untuk meningkatkan berat badan Anda dengan lebih cepat.

5. Terlalu memusuhi lemak

Banyak mitos yang mengatakan bahwa lemak harus dihindari sebisa mungkin, padahal faktanya, ada jenis lemak yang justru baik bagi proses metabolisme tubuh. Salah satu diantaranya adalah asam lemak omega-3 yang dapat dijumpai pada ikan salmon. Dan untuk Anda yang ingin menggemukan badan, lemak menjadi salah satu hal wajib yang tidak bisa Anda abaikan. 

6. Kurang Istirahat

Idealnya tubuh manusia butuh waktu recovery dengan tidur 7-8 jam dalam sehari. So, jika waktu tidur Anda masih berantakan cobalah untuk mempernbaikinya dari sekarang.

6. Kurang Konsisten

Faktor terakhir, adalah tekad dari diri Anda sendiri. Percumah semua cara menggemukan badan Anda lakoni jika tekad Anda dalam melakukannya belum mencapai 100%. Buang jauh-jauh semua pikiran yang menyatakan sudah tidak ada harapan lagi untuk menggemukan badan, karena dimana ada kemauan dan usaha yang konsisten, disitu pasti ada hasil yang didapat. 

Nah, itulah beberapa faktor yang akan ikut mempengaruhi tingkat keberhasilan Anda dalam menggemukan badan, selain faktor genetika. So, jika selama ini semua cara menggemukan badan yang Anda lakoni belum membuahkan hasil, jangan dulu kecewa dan frustasi, karena mungkin letak kegagalannya justru ada pada salah satu faktor penting diatas. 



1 komentar:

  1. pingin juga gemuk, menghindari lemak kebetulan iya, masih agak veganisme hehe..
    ada 5 link keluar, coba tak ikuti jejaknya pak :v
    dibawah post jebule ngebitcoin juga ada. ya yaya.. lariis maniiss

    BalasHapus

Connected with Me