Kamis, 02 Juni 2016

Diabetes Melitus, Penyakit Kronis yang Sering Diabaikan


Bicara soal diabetes melitus, banyak diantara kita yang mungkin akan mengabaikan jenis penyakit yang satu ini karena gejala awal yang ditimbulkannya memang sering kali dianggap sebagai sesuatu yang normal dan wajar untuk dialami oleh hampir semua orang. Seperti misalnya sering merasa haus, sering merasa lapar, sering buang air kecil, merasakan gangguan kulit seperti gatal-gatal, dan lain sebagainya. Gejala yang memang tampaknya sangat biasa dan bisa saja dialami oleh siapapun. Bahkan terkadang, menurut beberapa praktisi medis penyakit ini bisa saja dimulai tanpa adanya keluhan atau gejala yang berarti sama sekali. 

Yang lebih mencengangkan lagi adalah menurut Data Sample Registration Survey yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan padah tahun 2014 lalu, diabetes melitus menempati urutan ketiga sebagai penyebab kematian terbesar di Indonesia, setelah stroke dan penyakit jantung koroner. Bahkan dari data resmi yang dirilis oleh International Diabetes Federation tahun 2015 lalu, diperkirakan jumlah penderita diabetes (diabetisi) di Indonesia sudah mencapai 10 juta jiwa dan masih akan terus bertambah jika tidak mulai ditanggulangi dengan tindakan pencegahan.

Mengerikan bukan? Padahal jika lebih dini diketahui, penyakit ini dapat dicegah hanya dengan mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat. Untuk itu, sebelum terlambat, mari kita biasakan diri untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan sederhana berikut ini:

1. Hindari jenis makanan berlemak, makanan dengan bahan pengawet, daging olahan serta goreng-gorengan.

Sebagai gantinya, cobalah untuk mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks, seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, Biji-bijian dan kacang-kacangan. Bahkan jika memungkinkan cobalah untuk sesekali mengkonsumsi beras merah sebagai ganti beras putih yang biasa Anda konsumsi.

2. Perbanyak minum air putih.

Kenapa air putih? karena salah satu manfaat utama air putih adalah untuk mengontrol berat badan tubuh. Dan seperti yang kita ketahui orang-orang dengan berat badan berlebih memiliki resiko yang jauh lebih tinggi untuk terserang penyakit diabetes melitus.

3. Jadikan Olahraga sebagai rutinitas teratur Anda.

Tidak perlu setiap hari, Anda bisa melakuknnya 2-3 kali dalam seminggu atau bahkan 1 kali dalam seminggu asalkan dengan intensitas yang teratur. Karena selain akan menambah kebugaran tubuh, olahraga juga dipercaya dapat menghindarkan Anda dari bahaya diabetes melitus.

4. Hindari diri dari Stress berlebih.

Cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah, jangan bawa sisa pekerjaan Anda kerumah. Toh Anda masih bisa mengerjakannya esok bukan, sesampainya dikantor? Dan biasakan untuk tidak terlalu sering mengecek email pekerjaan pada saat akhir pekan, karena tentu hal itu akan menambah beban pikiran Anda.

5. Jika bisa, hindari diri dari rokok dan alkohol.

Karena tentu Anda akan jauh lebih sehat tanpa kedua zat adiktif tersebut.

6. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis.

Sebagai gantinya cobalah konsumsi produk bebas gula seperti Tropicana Slim

Tidak terlalu sulit untuk dilakukan bukan? untuk itu mulailah lakukan kebiasaan baik untuk diri sendiri. Karena mencegah tentu jauh lebih baik dari pada mengobati. 

0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me