Catat! Inilah, 5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Imun Tubuh


Meski telah terkendali, sejatinya pandemi belum benar-benar berakhir. Presiden Jokowi bahkan meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati sambil menunggu pernyataan resmi dari WHO. dr. Reisa, selaku juru bicara pemerintah pun turut menegaskan hal ini dengan mengatakan bahwa situasi saat ini bisa diibaratkan sebagai sebuah perlombaan marathon. Dimana garis finish yang kita tuju sudah mulai terlihat. Namun kita belum benar-benar sampai ditujuan. Kita masih harus terus berupaya untuk memenangkan perlombaan. Baik dengan tetap mematuhi berbagai protokol kesehatan, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengkonsumsi berbagai makanan untuk meningkatkan imun tubuh.  


Beragam Makanan Sehat untuk Meningkatkan Imun Tubuh


Yap, meningkatkan imun tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur. Sebab dengan asupan berbagai makanan bergizi inilah imun tubuh dapat berfungsi secara lebih optimal. Ada beragam makanan yang bisa kamu konsumsi untuk terus menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain:


1. Bawang Putih 



Kamu tentu masih ingat, bahwa diawal pandemi dulu harga bawang putih sempat melonjak cukup tinggi karena dianggap cukup ampuh untuk menyembuhkan corona. Tentu hal ini tidak sepenuhnya benar, bahkan belum ada satupun bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa bawang putih mampu mencegah penularan covid-19. Meski demikian, hal ini juga tidak sepenuhnya salah, sebab sejak bertahun-tahun silam kita memang telah mengenal bawang putih sebagai rempah dan bumbu dapur yang juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Seperti mencegah hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena selain kaya akan antioksidan bawang putih juga memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Maka jika ditanya, apakah bawang putih dapat meningkatkan sistem imun? Jawabannya adalah, ya. Bawang putih mampu meningkatkan sistem imun dengan cara meningkatkan kerja dari sel darah putih. 


Kamu bisa mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah, memanggang/membakarnya, maupun menggunakannya sebagai bumbu dasar untuk sup ayam. 


2. Kunyit



Kunyit dikenal memiliki sifat antiinflamasi. Yakni mampu menyebuhkan luka serta infeksi. Hal ini berkat senyawa kurkumin yang ada didalam kunyit. Senyawa inipulalah yang memberikan warna kuning pada kunyit. Tak hanya mampu menyembuhkan berbagai penyakit akibat peradangan. Kunyit juga dipercaya cukup ampuh untuk meningkatkan sistem imun. 


Kamu bisa mengkonsumsi kunyit yang sudah diolah menjadi wedang atau jamu-jamuan, maupun menggunakannya sebagai bumbu utama untuk melezatkan masakan, misalnya untuk soto ayam. 


3. Jahe



Selain kunyit dan bawang putih, jahe juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Tak hanya mampu mengatasi rasa mual. Jahe juga dipercaya cukup ampuh untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Hal ini karena kandungan senyawa gingerol, shogaol, dan paradol yang ada didalam jahe. 


Kamu bisa mengkonsumsi jahe dalam bentuk wedang jahe.


4. Buah-buahan



Mereka yang tengah terinfeksi covid-19, umumnya akan dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi vitamin C. Hal ini karena vitamin C mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan lebih cepat. Masalahnya tubuh tidak mampu memproduksi vitamin C secara alami. Itulah mengapa kita perlu mengkonsumsi vitamin C, baik dari buah-buahan bercitarasa asam seperti halnya jeruk maupun dari suplemen vitamin C seperti Redoxon. Dalam sehari, tubuh membutuhkan setidaknya 90 mg vitamin C. 


5. Yoghurt



Selama ini, yoghurt dikenal sebagai sumber probiotik alami. Yakni bakteri baik yang mampu membantu proses pencernaan. Namun apa hubungannya dengan sistem imun? Kamu perlu tahu, bahwa sebagian besar sistem imun kita berada pada saluran pencernaan. Usus bahkan seringkali disebut sebagai otak kedua manusia. Maka jika saluran pencernan kita baik, sistem imun kita semestinya juga akan ada dalam kondisi yang baik.  


Yoghurt sendiri merupakan jenis makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang dapat dicerna dengan lebih cepat. Semakin sering kita mengkonsumsi makakan sehat seperti yoghurt, maka semakin subur pula bakteri baik berkembang biak didalam usus kita. Untuk memerangi berbagai macam penyakit, peradangan, hingga membunuh racun yang bersarang pada saluran cerna kita. Dengan kata lain, mengkonsumsi yoghurt memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. 


Nah, itulah 5 makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa kamu konsumsi. Terlebih bagi kamu yang mungkin tengah mengalami berbagai gejala flu akibat perubahan iklim dan cuaca. Namun lagi-lagi, mengkonsumsi makanan bergizi saja tidaklah cukup. Kamu perlu membarenginya dengan gaya hidup sehat seperti istirahat dengan cukup, rajin berolahraga serta rutin mengkonsumsi suplemen vitamin C seperti halnya Redoxon

Related Posts

Load comments

Comments