Inilah, 5 Perbedaan Mendasar Antara Mobil SUV dan Mobil MPV


Selain City Car dan LCGC, SUV dan MPV kerap menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia saat hendak membeli sebuah mobil baru. Sayangnya, banyak diantara kita yang masih sering keliru saat diminta untuk membedakan kedua jenis mobil tersebut. Padahal dari segi fungsi dan kegunaan, SUV dan MPV jelas memiliki banyak perbedaan. Ingin tahu apa saja perbedaan diantara keduanya? mari kita bahas satu-persatu.


Perbedaan Mobil SUV dan MPV



Hal pertama yang harus lebih dulu kalian pahami adalah SUV dan MPV, sejak awal memang dirancang untuk maksud dan tujuan yang berbeda. SUV dirancang untuk menempuh segala medan. Sedangkan MPV dirancang sebagai mobil keluarga. Dari sini, kita dapat melihat beberapa perbedaan yang cukup mencolok, seperti:


1. Desain Mobil


Dari segi desain, SUV terlihat lebih tangguh karena menyerupai mobil offroad. Ban dan Velg-nya pun memiliki diameter yang jauh lebih besar. Dengan kontur ban yang terlihat lebih sangar. Hal ini jugalah yang membuat mobil SUV memiliki ground clearance hingga 200mm. Mobil SUV sendiri terbagi kedalam 3 kategori, yakni:


a) Compact SUV - Mobil SUV jenis ini memang hanya memiliki 4 kursi penumpang. Sekalipun begitu, Compact SUV memiliki kemampuan manuver yang amat baik saat terjebak dalam kondisi macet. Atau bisa dibilang, Compact SUV memang dirancang khusus untuk mereka yang tinggal didaerah perkotaan. Contohnya adalah Toyota raize dan Daihatsu rocky


b) Medium SUV - Sesuai namanya, Medium SUV memiliki body yang jauh lebih besar ketimbang Compact SUV. Hal ini karena kapasitasnya yang juga jauh lebih besar. Yap, ada 7 kursi penumpang yang bisa kalian manfaatkan. SUV jenis ini bisa dibilang amat cocok untuk kalian yang memiliki banyak anggota keluarga dan sering bepergian keluar kota. Contoh Medium SUV yang paling laris ditanah air adalah Nissan X-Trail dan Honda CR-V. 


c) Big SUV - Dirancang khusus untuk menempuh medan yang cukup sulit dilalui seperti daerah pegunungan, Big SUV memiliki body yang paling bongsor diantara saudara-saudaranya. Contohnya adalah Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. 


Berbanding terbalik dengan mobil SUV, Mobil MPV memiliki desain yang jauh lebih elegan. Umumnya, bagian kursi belakang dari mobil MPV dapat dilipat, sehingga dapat memuat lebih banyak barang. Ada 3 kategori mobil MPV, yakni:


a) Low MPV - Dikenal sebagai mobil yang irit bensin. Contohnya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.


b) Medium MPV - Buat kamu yang memiliki banyak anggota keluarga dan hobi bertamasya diakhir pekan. Medium MPV dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Contoh medium MPV yang paling sering kita lihat dijalan-jalan ibukota adalah Toyota Innova.


c) Premium MPV - Sesuai namanya, Premium MPV memiliki interior yang jauh lebih mewah dibanding 2 saudaranya. Salah satu contohnya adalah Toyota Alphard.


2. Penggunaan Bahan Bakar


Bicara soal bahan bakar, MPV jauh lebih irit daripada SUV. Mengapa demikian? karena SUV umumnya menggunakan sistem penggerak 4WD. Dan sedikit banyak hal ini juga akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. 


3. Kapasitas Penumpang


Karena dirancang sebagai mobil keluarga, MPV dikenal memiliki kabin yang jauh lebih besar. Hal ini jugalah yang membuat mobil MPV dapat mengangkut 8 hingga 10 orang penumpang saat bepergian. 


4. Ketangguhan Mesin


Sekalipun masih cukup unggul dalam hal bahan bakar dan kapasitas penumpang. Untuk urusan mesin, mobil SUV jauh lebih tangguh daripada mobil MPV. Terbukti dari kapasitas mesin yang mencapai lebih dari 1.500 cc. 


5. Perbedaan Harga


Mobil SUV umumnya tergolong dalam kategori mobil premium dengan harga yang cukup fantastis. Tak hanya karena interiornya yang terlihat jauh lebih mewah, namun karena fiturnya yang juga jauh lebih canggih, seperti: keyless system atau start-stop engine.


Nah, itulah 5 perbedaan mendasar antara mobil SUV dan mobil MPV. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan masing-masing dengan segmen pasar yang juga berbeda. Jika ingin membeli mobil keluarga dengan budget yang cukup terjangkau, maka mobil jenis MPV dapat menjadi pilihan terbaik. Dan sebaliknya, jika yang kamu butuhkan adalah jenis mobil "Utility", maka mobil SUV seperti Toyota raize atau Daihatsu rocky dapat menjadi pilihan. 

Related Posts

Load comments

Comments