Lima Pertanyaan Penting Sebelum Membuat Resolusi


2020 sudah berlalu, dan kini saatnya kita semua menyambut awal yang baru di tahun 2021. Tahun yang pastinya akan sangat menarik untuk kita lalui. Bagi sebagian orang, membuat resolusi tahun baru menjadi cara yang cukup efektif untuk memulai tahun dengan tepat. Masalahnya, tradisi membuat resolusi tahun baru, biasanya hanya akan berjalan mulus diawal. Hal ini karena otak kita tidak dapat membuat sebuah perubahan yang cepat dengan tiba-tiba. Yap, akan terasa amat sulit untuk mengubah sebuah kebiasaan yang sudah sangat sering kita lakukan dalam sekejap mata.


Jadi, alih-alih membuat resolusi untuk menjalani diet ketat, olahraga, ataupun resolusi lain yang berhubungan dengan kehidupan finansialmu, why not untuk mencoba sesuatu yang sedikit berbeda di tahun ini? Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menanyakan beberapa pertanyaan berikut pada diri sendiri sebelum kamu mulai membuat resolusi. Hal ini dapat membantumu untuk mengevaluasi setiap resolusi potensial yang mungkin dapat menghasilkan perubahan yang cukup signifikan, agar setiap resolusimu ditahun ini dapat berjalan dengan amat sangat baik. Dan dapat menjadi contoh resolusi terbaik di tahun-tahun mendatang. 




Sebelum mulai membuat sebuah resolusi, kamu amat dianjurkan untuk menanyakan beberapa pertanyaan berikut kepada dirimu sendiri:


  1. Bagaimana perasaanmu? Akankah resolusi ini membuatmu cukup excited karena merasa semakin dekat dengan tujuan yang hendak dicapai? Atau justru sebaliknya?
  2. Energi apa yang ingin kamu ciptakan? Akankah resolusi ini memberikanmu jenis energi seperti itu?
  3. Apa yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan resolusi tersebut? membatasi diri atau justru keluar dari zona nyamanmu? Apakah resolusi ini akan membuatmu meninggalkan beberapa hal yang kamu sukai? Atau justru sebaliknya?
  4. Dan kira-kira, apakah kamu akan merekomendasikan resolusi ini kepada adik, kakak, atau sahabatmu?
  5. Serta akankah resolusi ini berdampak baik pada dirimu dalam 5, 10, atau 15 tahun mendatang?

Itulah beberapa pertanyaan, yang bisa kamu tanyakan pada diimu sendiri sebelum mulai membuat resolusi di tahun baru 2021 ini. Tentu dibutuhkan usaha dan komitmen yang tinggi untuk mencapai resolusi yang besar, bermanfaat, dan berdampak besar pada kehidupanmu beberapa tahun ke depan. Misalnya, jika kamu hendak membuat resolusi dalam bahasa Inggris. Tanyakan pada dirimu, kenapa kamu ingin melakukannya? Jika misal jawabannya adalah karena ingin skill bahasa Inggrismu meningkat dan dapat memudahkanmu untuk mencari pekerjaan atau mendapatkan beasiswa diluar negeri ketika sudah lulus dari program sarjana nanti. Artinya kamu telah menemukan dan membuat sebuah resolusi yang tepat. Karena resolusi tersebut memang memberikan manfaat yang sangat baik dimasa yang akan datang. Namun tentu, untuk mewujudkan resolusi tersebut ada waktu-waktu tertentu yang harus kamu korbankan atau alokasikan untuk dapat mewujudkannya. Maka tanyakan juga pada dirimu sendiri, mungkinkah resolusi ini dapat terpacai dalam kurun waktu satu tahun? Jika jawabannya YA. Selamat, karena kamu telah memulai langkah yang baik untuk menjalani tahun 2021 ini. 


Related Posts

Load comments

Comments