Inilah, 6 Penyebab Kulit Kering Yang Perlu Kamu Waspadai!


Kulit kering dapat terjadi karena berbagai hal. Salah satu contohnya adalah karena terlalu sering mencuci tangan. Yap, hari-hari ini mencuci tangan menjadi salah satu kebiasaan wajib yang harus terus kita lakukan demi mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Namun tahukah kamu? kalau pemilihan sabun yang kurang tepat serta cara mencuci tangan yang salah, justru akan membuat kulit tanganmu menjadi kering dan kusam. Dan jika ini yang tejadi, bukannya terhindar dari kuman, virus dan bakteri, kulit tanganmu justru akan menjadi pintu masuk bagi seluruh patogen tersebut. Itulah mengapa, menjaga kelembapan kulit menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan, terutama ditengah pandemi seperti saat ini.

Penyebab Kulit Kering


Memiliki kulit kering memang menjadi hal yang cukup menyebalkan. Terutama bagi para kaum hawa yang memiliki jenis kulit yang cukup sensitif. Namun dengan mengenali penyebabnya, kamu bisa mulai mengatasinya atau minimal terhindar dari kondisi menyebalkan ini diwaktu-waktu yang akan datang. Lantas hal-hal apa sajakah yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam? berikut penjelasannya!

1. Faktor Genetik atau Keturunan


Yap, jika diantara anggota keluargamu ada yang sering mengalami masalah kulit kering atau memiliki riwayat penyakit Dermatitis. Bisa jadi, masalah kulit kering yang kamu alami memang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

2. Faktor U alias Usia


Seiring bertambahnya usia seseorang, tak hanya kondisi fisiknya saja yang mulai menurun. Namun kelembapan kulitnya pun akan ikut berkurang. Faktor lingkungan dan pola konsumsi yang kurang sehat biasanya akan ikut memperparah kondisi ini. Itulah mengapa, sedari muda kita dianjurkan untuk memiliki pola hidup yang sehat. Karena kebiasaan yang baik, akan menghasilkan hal yang baik pula. Rajin berolahraga misalnya, akan membuat kulitmu lebih bersinar dan terhindar dari jerawat. Begitupula dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur, dan memiliki waktu tidur yang berkualitas.

3. Terlalu Lama Berada di Ruangan Ber-AC


Bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, terlalu lama berada di ruangan ber-AC yang cukup dingin akan menyebabkan kulit mereka menjadi kering. Karena kulit akan mengalami dehidrasi. Maka bagi kamu yang sudah mulai bekerja, cobalah untuk memanfaatkan break makan siangmu sebaik mungkin dengan mencari makan siang diluar kantor, atau ditempat yang jauh lebih lembap.

4. Terlalu Sering Mandi dengan Air Panas


Sesekali, kamu dapat mandi dengan air panas untuk merelaksasi tubuh. Namun jangan keseringan. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Karena hal ini dapat menghilangkan kelembapan alami kulit dan membuatnya terlihat kering dan kusam. Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah jangan mandi terlalu lama. Yap, beberapa diantara kamu pastilah ada yang sering diprotes oleh anggota keluarga lain karena terlalu lama berada didalam kamar mandi. Sebetulnya, kebiasaan ini harus mulai kamu kurangi. Karena hal ini dapat membuat air yang berada di permukaan tubuhmu lebih cepat menguap. Dan membuat kulitnya menjadi kering.

5. Penggunaan Sabun yang Kurang Tepat


Seperti yang telah kita bahas di awal tadi, pemilihan sabun yang tepat akan membantumu terhindar dari masalah kulit kering. Plihlah sabun mandi yang menggunakan ekstrak alami susu dan oat seperti halnya Lifebuoy Mild Care. Karena selain mampu memperhalus kulitmu, Lifebuoy Mild Care juga dirancang secara khusus untuk mengatasi masalah kulit kering. Tak hanya itu, kandungan anti bacterial dan activ natural shield-nya juga akan melindungimu dari berbagai virus penyebab penyakit.

6. Kurang Minum Air


Terdengar sepele memang, namun kurang minum air putih dapat membuat kulitmu menjadi kering. Karena asupan nutrisi dan mineral yang masuk kedalam tubuh, secara tidak langsung akan turut mempengaruhi regenerasi kulit. Itulah mengapa, kamu amat dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi sayur dan buah, serta minum air putih. Hal ini akan cukup efektif untuk meremajakan kulitmu.

Nah, itulah 6 penyebab kulit kering yang perlu untuk kamu ketahui. Karena dengan mengetahui penyebabnya, kamu dapat lebih mudah untuk mengatasinya.

Related Posts

Load comments

Comments