Akuntansi Sangat Penting untuk Ditekuni


Aplikasi Akuntansi merupakan salah satu media dalam bentuk aplikasi yang akan memudahkan para pengguna dalam mengurus dan membuat laporan yang berkaitan dengan akuntansi keuangan. Akuntansi sendiri dapat diartikan sebagai pencatatan keuangan secara komprehensif dan sistematis dalam sebuah bisnis baik berukuran besar maupun kecil. 

Fungsi-fungsi Memahami Akuntansi


1. Mengetahui jumlah laba atau rugi


Hadirnya Aplikasi Akuntansi akan membantu seseorang untuk mengetahui laba maupun rugi secara jelas dan terperinci dengan cara yang lebih mudah. Salah satu fungsi dari akuntansi yaitu untuk mengetahui jumlah laba atau rugi dari bisnis yang dijalankan. Untuk mengetahui laba atau rugi maka Anda memerlukan data transaksi keuangan secara menyeluruh. 

2. Informasi keuangan usaha


Akuntansi untuk perusahaan berguna sebagai informasi keuangan dari perusahan, baik untuk pihak internal maupun eksternal. Pihak internal meliputi direktur, para manajer dan pemegang saham. Sedangkan untuk pihak eksternal meliputi rekan bisnis, investor maupun pemerintah. Untuk Anda yang menjalankan bisnis berukuran kecil, tentu akuntansi memudahkan Anda untuk mengetahui informasi keuangan terkini dari UMKM yang Anda rintis. 

3. Informasi bagi operasional usaha


Akuntansi berpera sebagai penyediaan informasi, karena dengan adanya akuntansi ini Anda dapat dengan mudahkan membuat laporan keuangan suatu usaha. Dalam laporan keuangan terdapat informasi keuangan secara terperinci seperti jumlah uang kas, non kas hingga hutang dan piutang UMKM maupun perusahaan besar. Pemilik UMKM dapat dengan mudah mengetahui berapa tingkat penjualan, sudah mencapai target apa belum, biaya operasional perusahaan, persediaan bahan baku dan lain-lain. 

4. Tolak ukur 


Adanya akuntansi juga sebagai tolak ukur untuk mengetahui apakah usaha yang dijalani mengalami kemajuan, stagnan maupun kemunduran. Karena didalam laporan keuangan, tentu akan disajikan data yang rapi, valid, akurat dan mudah untuk dipahami. Tingkat keakuratan akuntansi pun tentu tidak akan diragukan, karena telah melewati beberapa tahap secara runtut dan jelas. 

Akuntansi memang menjadi momok untuk sebagian orang yang tidak suka dengan matematika atau hitung-hitungan. Namun dengan hadirnya aplikasi Bukukas, kini akuntansi lebih bisa ditangani dan tidak lagi menjadi hal yang menakutkan. Tidak hanya urusan keuangan pribadi atau individual saja, ternyata Bukukas juga cocok digunakan untuk para pebisnis muda terutama UMKM. 



Dengan adanya aplikasi Bukukas, seorang pebisnis tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mempekerjakan seseorang yang ahli akuntansi. Karena didalam aplikasi sudah terdapat berbagai fitur yang lengkap. Fitur-fitur tersebut akan membantu Anda mengelola keuangan dan membuat laporan secara praktis dan cepat. 

Aplikasi Akuntansi Bukukas bisa Anda dapatkan dengan Cuma-Cuma alias gratis. Caranya yaitu dengan membuka market aplikasi seperti playstore, mobomarket atau sejenisnya kemudian ketika Bukukas di bagian search. Nah, tunggu beberapa saat, maka akan muncul aplikasi Bukukas dan siap untuk diinstal di Smartphone kesayangan Anda.

Related Posts

Load comments

Comments