Mau #XperienceSeru Ke Goa Pindul, Gunung Kidul? Traveloka Xperience Aja!

(Ilustrasi gambar : Shutterstock)

Akhir pekan selalu menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Karena baru dipenghujung minggu inilah, kita memiliki kesempatan yang cukup panjang untuk sekedar melepas penat dari rangkaian aktivitas yang telah kita lakukan sepanjang weekdays kemarin. Sebagian dari kita, mungkin lebih senang menghabiskan akhir pekannya dengan bermalas-malasan di atas sofa atau tempat tidur sambil sesekali memainkan gadget untuk bertegur sapa di media sosial, namun sebagian lagi, bisa jadi sudah dari jauh-jauh hari membuat itenarary untuk melakukan liburan singkat ke luar kota atau bahkan ke luar negri. Nah, jika kamu termasuk tipe yang kedua, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan Traveloka Xperience dalam mewujudkan hal itu. Karena di Traveloka Xperience, kamu bisa melengkapi seluruh kebutuhan traveling-mu dalam 1 aplikasi.

Misalnya saya, diakhir pekan ini entah kenapa muncul keinginan yang begitu kuat untuk melakukan jelajah singkat ke daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Yap, just 1 day trip ritual untuk mengembalikan gairah beraktivitas di hari senin. And to be honest, ini bukan perjalanan pertama saya ke tempat tersebut. Karena sebelumnya, saya sudah pernah menjejakkan kaki di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Wonogiri (yang juga merupakan kampung halaman ibu saya ini). Bedanya, saat itu saya sama sekali nggak bikin perencanaan apapun. Bener-bener mendadak.

Saking mendadaknya, saya bisa nyeritain ulang dengan cukup detail haha...

Saya inget, waktu itu hari senin. Jadi paginya saya cuma iseng nge-chat di group WhatsApp sama temen-temen saya, dan salah satu temen saya bilang gini "Cuy, nanti sore gue mau mudik nih ke Jogja, ada yang mau ikut nggak lu?" dan tanpa pikir panjang saya langsung nge-chat "Ikut". Dan nggak berapa lama temen saya yang lain juga ikut nge-chat "Berangkat!". Dan dalam waktu singkat kami bertiga udah ngumpul di Stasiun Pasar Senen, tepat didepan loket tiket kereta api. Yap, entah siapa yang mengusulkan duluan. Yang jelas waktu itu kita bertiga sepakat untuk naik kereta api, karena nggak pengen buang-buang waktu dengan macet-macetan dijalan. Apalagi zaman itu belum ada pemugaran jalan tol kaya sekarang. So, kalau waktu itu kita mutusin untuk naik bus, misal kita berangkat jam 2 siang, sampainya pasti besok pagi. Sementara kalau naik kereta, misal kita berangkat jam 8 Malam, jam 3 pagi kita udah bisa sampai di stasiun Tugu.

Singkat cerita pukul 03:30 WIB kita sampai di stasiun Tugu, dan selepas subuh kita langsung nyari sarapan sekaligus penginapan. Karena sekali lagi, waktu itu kita bener-bener liburan tanpa punya perencaaan sama sekali, kita bahkan nggak tau mau nginep dimana? mau jalan-jalan kemana aja? dan mau berangkat/pulang naik apa? So, waktu itu yang ada di benak kita cuma satu, "jalan aja dulu, sambil gugling-gugling. Ntar juga nemu". Dan setelah jalan kaki cukup lama, akhirnya kami putusin untuk nelpon beberapa tempat penginapan yang letaknya nggak gitu jauh dari tempat kami berada. Hingga akhirnya kami nemu sebuah penginapan dengan harga terjangkau dan letak yang strategis di daerah Gedong Kuning, Banguntapan. 

Setelah sampai di penginapan dan nyelesain administrasi, kami langsung ngambil kunci, untuk naro tas, mandi dan nikmatin sarapan yang udah disediain pihak penginapan. Dan urusan setelah itu mau kemana? asli bener-bener belum kepikiran haha...

(Dokumentasi Pribadi)

Untungnya, waktu itu pas banget lagi ada event/festival buku dideket-deket situ, So, hari pertama di Jogja hanya kami habiskan untuk mengunjungi festival buku tersebut. Daripada gabut ya kan. Saya masih inget banget nama event-nya tuh Pesta Buku Jogja "Jogja itoe Boekoe" cuma untuk tahun berapanya saya udah lupa wkwkwk. Dan berhubung letaknya itu diujung banget (kalo ngikutin rute TransJogja), jadi sebelum ke event tersebut, kita sempet mampir bentar ke Taman Pintar, baru setelah agak sorean, kita pergi ke event Pesta Buku Jogja dan ngabisin malam disana. Bukunya lumayan banyak dan bisa dibilang waktu itu saya beruntung karena berhasil dapetin cetakan pertama bukunya Ran yang berjudul "Aidoru No Sekai Ni Yoroshiku!" yang sekarang udah rare banget di pasaran. Pokoknya malam itu kami pulang dengan beban cukup berat di tangan, soalnya klo di total buku yang kita beli kemungkinan ada sekitar 3-5 kg wkwkwk...

(Dokumentasi Pribadi)

Nah, besok paginya... temen saya yang mbah-nya emang tinggal di Jogja ini, pamit sama kami berdua untuk naik ke Gunung Kidul, waktu itu saya sama temen saya yg satunya sempet mikir-mikir dulu mau stay dan liburan berdua aja di pusat kota, atau ikut sama temen saya ini dan liburan di gunung kidul bertiga. Hingga akhirnya kita putusin untuk ikut ke Gunung Kidul. Pertama, karena sedari awal kita emang nggak punya rencana liburan yang jelas. Dan kedua, karena kita emang kepo aja daerah Gunung Kidul tuh kaya apaan sih? Dan ternyata nih yaaa... sekalipun masih desa, nyaris semua rumah disana masang parabola. Bahkan saya inget, tiap malem kita nonton Animax disana haha...

(Dokumentasi Pribadi)

Masalahnya cuma satu, transportasi yang ke arah sana bisa dibilang masih amat terbatas (waktu itu, nggak tau sekarang). Jadi dari Bangun Tapan (yang ada PLN-nya tuh) kita naik bus yang kaya Metromini kalau di Jakarta, baru kemudian ganti bus yang lebih kecil (segede Elf lah disini), dan baru terakhir naik angkot kecil yang lewatnya bisa 2 jam sekali. Dan jaraknya pun jauh bangettt dari pusat kota Jogja. Itupun selepas Maghrib udah nggak ada kendaraan yang melintas sama sekali. Saya inget, waktu itu pas kita nyari makan malem tuh sampe nerabas hutan, sakingnya sepi banget. Padahal cuma mau makan di alun-alun Wonosari doang. Tapi kalo ditanya serunya? Pancen ngeten (jempol). Jujur, baru disana saya bisa ngeliat kunang-kunang lagi. Dan itu terang bangettttt... sumpaahhh...

(Dokumentasi Pribadi)

Padahal terakhir kali saya ngeliat kunang-kunang tuh waktu masih kecil, pas masih banyak kebon dan belum banyak bangunan rumah. Makanya saya sempet heboh sendiri pas bisa ngeliat kunang-kunang lagi di wonosari #Ndeso hahaha... Pokoknya masih asri banget deh ... jadi disana tuh gini, struktur tanahnya tuh berbatu, sekilas kaya gersang banget, sampe pecah-pecah gitu tanahnya, tapi suburnya minta ampun. Saya masih sempet nyaksiin warga sekitar manen jagung malah. Dan ternyata jaraknya tuh deket banget dari Pantai Parangtritis. Cuma sayangnya, waktu itu kita nggak tau kalau disekitar rumah mbahnya temen saya ini ternyata banyak wisata Gua dan Pantai yang mulai hits-nya justru setelah kita pulang dari Jogja.




Nah, salah satunya Wisata Goa Pindul yang lagi pengen banget saya kunjungin. Cuma karena dulu saya pernah kesana dan udah tau kalo rutenya itu lumayan jauh dari pusat kota dan cukup nyusahin untuk ditempuh dengan kendaraan umum (karena angkutan umum disana tuh lewatnya cuma sejam sekali). So, untuk liburan kali ini kayanya mending saya percayakan ke Traveloka aja deh... Yap karena di Traveloka Xperience ternyata udah ada Paket liburan 1 day tour ke Objek wisata Goa Pindul dan Pantai Sadranan (Pindul Cave & Sadranan Beach - 1-day Tour) dengan harga yang cukup terjangkau. Hanya sebesar Rp 470.000 jika ada 4-6 orang peserta, atau sebesar Rp 620.000 jika hanya ada 2-3 peserta. Harga yang saya rasa amat masuk akal karena sudah termasuk tour guide dan snack. Itenerary-nya pun jelas, udah ada jam-jam-nya dari awal penjemputan sampe pulang. Minimal #XperienceSeru yang pengen saya rasain disana lebih terjadwal lah, nggak pake acara luntang lantung dulu kaya sebelumnya. Apalagi weekend cuma 2 hari pisan kan. Rugi waktu banget nggak sih, klo mesti liburan sendiri dan nyusurin rute sendiri. Yang ada bukan refreshing malah bikin badan pegel itu mah.

Btw, itu baru salah satu #XperienceSeru yang bisa kalian temuin di Traveloka Xperience. Aslinya mah, buanyaakkkk bangettt... nggak cuma paket tour doang kok, dengan Traveloka Xperience kalian bisa ngabisin me-time di beragam tempat spa, atau bisa juga ngajak keluarga ke beragam tempat hiburan, atau untuk yang doyan nonton, bisa banget lho kalau mau beli tiket bioskop di Traveloka Xperience, beli tiket konser juga bisa, pokoknya ada ribuan #XperienceSeru deh yang bisa kamu temuin di Traveloka Xperience. 

Yakin masih mau ngabisin weekend dirumah? Kalo saya sih, mending ngelakuin #XperienceSeru sama Traveloka Xperience :D


Related Posts

Load comments

Comments