Jurusan Yang Cocok Dipilih Untuk Calon Karyawan

Sumber gambar: pixabay

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting saat ini, memiliki pendidikan tinggi sudah barang tentu akan memberikan peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih besar. Antusiasme dalam mendapatkan pendidikan terlihat dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti kuliah S1 kelas karyawan di berbagai bidang jurusan yang dipilihnya, hal ini juga didukung dengan banyaknya universitas yang menyediakan kuliah kelas karyawan.

Bagi yang bercita-cita menjadi seorang karyawan, memilih jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang diincar menjadi hal yang sangat penting. Berikut ini, ada beberapa jurusan pilihan yang cocok untuk dimasuki bagi mereka yang bercita-cita menjadi karyawan di sebuah perusahaan, diantaranya:

Akuntansi

Akuntansi menjadi salah satu jurusan yang cocok untuk calon karyawan, tidak heran karenanya jurusan yg satu ini banyak diminati oleh calon mahasiswa. Jurusan yang satu ini menjadi salah satu jurusan yang amat populer, pasalnya lulusan dari jurusan ini terkenal cepat dalam mendapatkan pekerjaan bahkan di berbagai perusahaan besar sekalipun. 

Ada banyak universitas yang menyediakan kuliah jurusan Akuntansi terbaik yang bisa dipilih, mulai dari universitas negeri hingga swasta. Lulusan akuntansi biasanya akan menjadi seorang akuntan setelah lulus nanti, namun tidak terbatas menjadi seorang akuntan saja, karena jurusan akuntansi juga bisa membuat perusahaannya sendiri (biasanya menjadi seorang konsulat mandiri). 

Saat kuliah, calon akuntan akan mempelajari tentang bagaimana mengendalikan anggaran sampai melakukan penyusunan laporan keuangan sebuah perusahaan. 

Ada beberapa konsentrasi  jurusan Akuntansi, yakni Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Perpajakan, akuntansi Pemeriksaan, dan Sistem Informasi Akuntansi. Kompetisi awal yang harus dimiliki seorang calon akuntan adalah menyukai dunia angka (matematika dasar), pasalnya saat kuliah maupun kerja nanti aku akan banyak bertemu dengan angka dan melakukan perhitungan.

Manajemen

Jadi salah satu jurusan yang paling cocok dipilih oleh mahasiswa yang ingin bekerja di sebuah perusahaan, bukan menjadi status karyawan namun jurusan ini juga memberikan peluang yang besar untuk menjadi seorang pengusaha nantinya. Bagi yang sudah terlanjur berstatus sebagai pegawai, bisa juga kembali mengambil kuliah S1 kelas karyawan untuk mendapatkan pendidikan di bidang Manajemen.

Jurusan manajemen mempelajari tentang tata cara penggunaan sumber daya yang efisien dan efektif, dengan begitu tujuan perusahaan yang telah ditetapkan bisa dicapai.  jurusan ini banyak mempelajari perihal pengelolaan sumber daya perusahaan sehingga dapat digunakan untuk mencapai tujuan, berbagai profesi bisa di duduki oleh alumni jurusan manajemen mulai dari bidang pemasaran, perencanaan bisnis, sampai pada analisis manajemen perusahaan tersebut.

ada beberapa konsentrasi bidang manajemen yang bisa diambil oleh mahasiswa, seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen bisnis, dan manajemen keuangan syariah.

Jurusan yang berhubungan dengan teknologi

Ada tiga jurusan yang berhubungan dengan teknologi (lebih tepatnya teknologi informasi), yakni Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer. Ketiga jurusan ini merupakan jurusan yang berhubungan dengan komputer, dimana ketiganya merupakan sebuah dasar yang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan agar perusahaan tersebut bisa mencapai tujuannya dengan baik.

Teknik Komputer sering juga disebut dengan Sistem Komputer, jurusan yang diharapkan nantinya akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam melakukan desain dan implementasi sistem yang terintegrasi baik dalam bentuk software maupun hardware

Teknik Informatika ilmu komputer merupakan urusannya diharapkan mampu menguasai perihal teori atau konsep dan pengembangan software, sedangkan Sistem Informasi atau juga dikenal Manajemen Informatika jurusan yang lulusannya diharapkan memiliki kemampuan dalam melakukan analisis kebutuhan serta proses bisnis dan juga melakukan desain sistem yang didasarkan pada tujuan sebuah perusahaan/organisasi.

Ilmu Perpustakaan

Selain kuliah jurusan Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Komputer, Ilmu Perpustakaan juga masuk kategori jurusan yang cocok untuk calon karyawan. Disadari atau tidak, jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan salah satu jurusan yang juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan maupun organisasi tertentu. Jurusan ini memiliki peluang besar untuk bekerja di sebuah perusahaan bahkan di organisasi pemerintahan sekalipun. 

Saat ini hampir semua perusahaan maupun instansi pemerintahan pasti memiliki perpustakaan di dalamnya, hal ini tentunya menjadikan peluang jurusan perpustakaan untuk menjadi seorang karyawan lebih besar. Lihat saja di lowongan pekerjaan, biasanya staf perpustakaan tidak pernah absen ada dalam lowongan tersebut.

Melanjutkan kuliah S1 kelas karyawan saat ini banyak diminati untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dan peluang pekerjaan yang lebih baik, terutama bagi mereka yang sudah terlanjur sibuk dengan pekerjaannya sedari awal. 

Ada banyak universitas yang menawarkan kelas karyawan dengan berbagai jurusan yang bisa dipilih, termasuk didalamnya berbagai Universitas ternama yang ada di Indonesia seperti UI, ITB, UGM, IPB, UIN, ITS, dan Universitas lainnya.

Ada satu sistem kuliah yang populer di kalangan karyawan selain mengikuti kelas karyawan, yakni sistem kuliah online / daring dan blended learning (kuliah campuran).

Related Posts

Load comments

Comments