Apa Macam-Macam Alergi yang Banyak Dialami Manusia?


Alergi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang umum yang sering dialami oleh manusia. Alergi adalah semacam kepekaan tubuh akan zat tertentu yang menjadi pemicu alergi. Banyak hal yang bisa menyebabkan alergi pada tubuh, di antaranya adalah alergi makanan, bahan kimia, udara dingin, udara kotor, dan masih banyak lagi. Reaksi tubuh seseorang terhadap alergi yang dimilikinya pun bisa berbeda-beda. Beberapa penderita alergi mengalami reaksi seperti gatal dan juga bengkak pada bibir atau mulut, pruritus, urtikaria akut, pilek, bersin, mual, muntah, pusing, sesak nafas, dan lain sebagainya. Reaksi tubuh yang sudah cukup berat adalah timbulnya ruam atau reaksi kulit karena alergi. Lalu, apa macam macam alergi yang banyak diderita orang-orang Indonesia? Jawabannya ada di poin-poin berikut ini.

1. Alergi Makanan Seafood


Sebagai salah satu daerah maritim, wajar saja jika Indonesia menjadi salah satu penghasil seafood terbaik. Ada banyak sekali olahan seafood yang menggugah selera. Akan tetapi, beberapa orang memiliki alergi pada makanan ini. Orang-orang yang memiliki alergi seafood jelas tidak boleh mengonsumsi seafood, baik ikan, udang, tiram, dan sejenisnya. Tubuh akan memunculkan reaksi penolakan apabila bahan makanan tersebut masuk ke dalam tubuh. Untuk mengatasinya, biasanya seseorang harus mengonsumsi obat anti alergi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi seafood. Meski begitu, porsi konsumsinya pun tak boleh terlalu banyak.

2. Alergi Seks


Mungkin Anda sedikit bingung dengan poin kedua ini. Apa benar ada orang yang alergi dengan seks? Yang dimaksud alergi seks di sini bukan aktivitas seksnya yang bisa membuat alergi, tetapi reaksi tubuh yang muncul akibat kontak antara permukaan kulit dan sperma. Biasanya, alergi seks ini lebih banyak dialami oleh perempuan. Untuk mengatasi hal tersebut, pria harus menggunakan kondom agar sperma tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Apa macam-macam alergi ini logis? Jika Anda tidak percaya, silahkan tanya ke dokter terdekat.

3. Alergi Udara Dingin


Apa macam-macam alergi yang selanjutnya? Jawabannya adalah alergi dingin. Beberapa orang mengalami alergi dengan udara dingin. Tanda-tanda seseorang mempunyai masalah alergi dingin adalah adanya reaksi berlebihan ketika berada di tempat-tempat dengan suhu udara yang rendah. Gejala yang muncul antara satu orang dengan yang lainnya tentu berbeda-beda. Namun, yang paling umum, tubuh akan merasa gatal-gatal ketika berada di udara dingin. Lalu, akan timbul bercak-bercak merah pada seluruh kulit. Apabila keadaan sudah semakin parah, biasanya akan muncul selaput lendir dari mulut dan mata. Seseorang yang sudah jelas memiliki alergi dingin sebaiknya tidak berada di tempat-tempat yang bisa memicu munculnya reaksi alergi. Ini adalah pencegahan yang paling baik.

4. Alergi Telur



Pembahasan apa macam-macam alergi sampai ke poin selanjutnya, yaitu alergi telur. Alergi yang satu ini cukup banyak diderita oleh orang Indonesia. Yang dimaksud dengan alergi telur di sini adalah alergi yang dipicu oleh protein yang terdapat di dalam telur. Ada tiga protein yang bisa menyebabkan reaksi berlebihan pada penderita alergi telur, yaitu ovalbumin, ovomucoid, dan juga conalbumin. Untuk penderita alergi telur yang masih masuk dalam kategori ringan, efek alergi bisa dikurangi dengan cara memasak telur dengan benar. Lalu, biasanya penderita alergi ini juga mempunyai bentuk alergi lain yaitu ayam, kalkun, dan beberapa jenis unggas lainnya yang juga memiliki kandungan tiga protein yang disebutkan di atas.

5. Alergi Susu Sapi


Apa macam-macam alergi termasuk alergi susu? Jawabannya adalah iya. Alergi susu banyak dialami oleh bayi. Biasanya, setelah bayi beranjak dewasa, alergi ini akan hilang sendiri. Menurut penelitian, penderita alergi susu sapi ini lebih banyak dialami oleh penduduk Asia. Bayi yang memiliki alergi susu sapi ini akan memunculkan reaksi tubuh yang berlebihan setelah mengonsumsi susu sapi. Reaksi tersebut muncul beberapa saat setelah mengonsumsi susu sapi.

6. Alergi Debu


Beberapa orang juga mempunyai alergi terhadap debu. Apalagi jika seseorang berada di luar rumah yang udaranya kotor. Reaksi yang akan muncul ketika seseorang menderita alergi debu adalah bersin hingga berkali-kali sampai muncul selaput lendir pada mulut dan hidung. Gejala akan semakin parah jika seseorang tersebut terus berada di dalam udara yang kotor. Apa macam-macam alergi debu? Alergi debu muncul karena di dalam debu terdapat tungau debu yang sangat berbahaya.

7. Alergi Obat


Pembahasan apa macam-macam alergi yang paling sering diderita manusia telah sampai pada poin terakhir, yaitu alergi obat. Beberapa orang mempunyai alergi obat-obatan tertentu. Inilah alasan mengapa setiap kita pergi ke dokter selalu ditanya “Apakah ada alergi obat tertentu?” Hal ini wajar karena beberapa orang mengalami reaksi tubuh yang berlebihan akibat mengonsumsi obat dengan kandungan zat tertentu.



Comments