5 Kebiasaan Baik ini Bisa Menyelamatkanmu Ketika Uangmu Pas-pasan


Ketika punya uang lebih, rasa-rasanya hidup terasa lebih ringan. Mau beli apapun, pergi kemanapun, main apapun, bebas dilakukan sesuka hati! Namun hidup tak selalu diatas, ada masanya hidup terasa sangat berat karena saldo rekening tinggal 50 ribu rupiah saja dan harus bertahan selama seminggu. Bagi mereka yang terbiasa hidup prihatin, tak masalah hidup dengan uang pas-pasan. Namun bagi mereka yang terbiasa hidup glamour, tak ada jalan lain selain berhutang kesana-sini. Ketika kondisi finansialmu sedang buruk, kamu akan sangat berterimakasih pada beberapa kebiasaan baik berikut ini. 

1. Masak Sendiri


Kamu suka masak? Lebih suka masakan hand-made daripada masakan restoran? Jika iya, maka kamu termasuk orang yang sangat beruntung. Saat kondisi finansial sedang lemah, kemampuan memasakmu pasti bisa diandalkan. Jadi ketika hasrat makan di restoran sedang memuncak namun kondisi kantong sedang seret, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas untuk kamu jadikan masakan ala chef. Kamu bisa menghemat uang berkali-kali lipat jika kamu mampu menahan diri untuk tidak makan di luar. Jika ada teman yang mengajak makan di kafe atau restoran, sebaiknya ajak ia ke rumahmu. Kamu bisa colab masak bersama temanmu, dan jangan lupa share foto hasil masakanmu ke media sosial, biar hits.

2. Lebih Suka Hangout di Rumah


Saat uang pas-pasan, tak ada hal lain yang bisa dilakukan selain berdiam diri di rumah. Bagi mereka yang tidak terbiasa hangout di rumah, maka waktu terasa sangat menyiksa. Namun bagi mereka yang terbiasa hangout di rumah, maka bukan suatu masalah jika harus berdiam diri di rumah saat kondisi finansial sedang jatuh. Kamu bisa melakukan banyak hal seperti membaca buku, masak, nyanyi-nyanyi terus di-upload ke YouTube, karaokean, nonton TV, atau bahkan tidur sepuasnya. Jika kamu agak bĂȘte dengan kesendirian, kamu tinggal panggil teman-temanmu agar bisa ke rumahmu. Jangan dibikin ribet, jika tak punya uang, sebaiknya di rumah saja.

3. Penggila Diskon


Kamu gemar berburu diskon? Suka berebut dengan pembeli lain hanya untuk mendapatkan produk dengan diskon? Selamat, kebiasaanmu tersebut bisa menyelamatkanmu ketika kondisi finansialmu sedang jatuh. Berburu diskon bisa jadi opsi terbaik saat uang sedang pas-pasan. Dengan uang pas-pasan, kamu masih bisa membeli barang yang kamu inginkan. Bagi kamu discount hunter, kamu bisa memanfaatkan diskon Blibli. Iya betul sekali, dengan diskon Blibli 2017 ini kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan tanpa perlu khawatir kondisi finansialmu akan semakin buruk. Pada momen-momen tertentu, Blibli sering memberikan diskon dengan presentase yang sangat fantastis, jadi kamu harus terus update ya.

4. Belanja di Pasar Tradisional


Kebiasaan baik lainnya yang dapat menyelamatkanmu ketika uangmu pas-pasan yaitu belanja di pasar tradisional. Beberapa orang sangat anti belanja di pasar tradisional. Alasannya sangat klasik yaitu kurang bergengsi. Masalah gengsi inilah yang menyebabkan orang-orang lebih sering shopping di mall atau supermarket. Namun bagi kamu yang tidak anti belanja di pasar tradisional, maka kamu pasti aman-aman saja saat kondisi finansial sedang tidak terlalu baik. Kamu bisa membeli berbagai keperluan dengan harga yang lebih murah karena kamu masih bisa nego dengan pedagang. Tak hanya itu, bahan-bahan pangan yang dijual di pasar tradisional jauh lebih fresh daripada yang dijual di supermarket.

5. Puasa


Bagi kamu yang sering puasa, baik itu puasa Daud maupun sunah rosul, maka kamu termasuk orang yang aman-aman saja saat kondisi finansial sedang tidak baik. Selama puasa, kamu ‘pun jadi lebih banyak mempelajari makna hidup sehingga kehidupan ‘pun menjadi jauh lebih bermakna. Tak hanya dari segi finansial, kamu ‘pun bisa mendapatkan keuntungan lainnya yaitu mendapatkan pahala yang banyak. Jadi ketika tak punya uang, sebaiknya puasa saja ya. 

Nah itulah 5 kebiasaan baik ini bisa menyelamatkanmu ketika kondisi finansialmu sedang jatuh. Jika kamu memiliki satu atau beberapa kebiasaan diatas, maka kamu tak perlu khawatir jika tiba-tiba kondisi finansialmu sedang tidak baik.


Comments