Pengobatan Tepat Sakit Perut Pada Anak Sesuai dengan Penyebabnya


Bisa dikatakan semua anak pernah mengalami sakit perut, dan tentu saja dari penyebab yang berbeda-beda. Bisa jadi sakit perut tersebut timbul hanya karena masalah biasa seperti kebanyakan makan, namun jangan lantas meremehkannya pula, karena nyatanya memang ada jenis penyakit perut yang membahayakan dan perlu sekali untuk diwaspadai. Terkadang, para bunda yang melihat anaknya mengalami masalah kesehatan tersebut langsung mengalami kepanikan, yang terjadi adalah mereka langsung membawa si buah hati ke dokter. Padahal sebenarnya, dokter sendiri pun tidak bisa mengetahui secara pasti, dan harus melihat beberapa tanda yang dirasakan oleh anak terlebih dahulu sebelum dapat memberikan diagnosa yang tepat.

Di lain hal, untuk menghindari sakit perut saat menempuh perjalanan jauh, penggunaan obat muntah anak seringkali menjadi pilihan. Umumnya, sebelum muntah anak memang akan mengalami gejala sakit perut seperti misalnya mual, namun jenis obat yang digunakan pun berbeda. Nah, untuk mengetahui jenis sakit perut dan obat seperti apa yang tepat untuk diberikan kepada anak, mari simak penjelasan berikut ini:

1. Gastroenteritis.



Ini merupakan salah satu masalah yang sering disebut dengan stomach flu atau radang pada saluran usus. Infeksi yang terjadi pada bagian usus tersebut mengakibatkan rasa nyeri, lemas, diare sampai dengan dehidrasi. Untuk jenis ini, sangat disarankan menggunakan obat oralit atau pedialit ketika anak muntah ataupun diare.

2. Usus buntu.




Untuk jenis ini, tentu saja orang tua di tuntut untuk lebih aware, karena pada umumnya anak belum mampu merasakan secara lebih spesifik apa yang sedang di deritanya. Namun terkadang, tanda umum yang seringkali terjadi antara lain akan membuat anak merasa lemas, mual, muntah, kembung sampai dengan demam. Untuk jenis ini perlu penanganan yang lebih serius, yakni dengan melakukan operasi pengangkatan.

3. Susah buang air besar.



Ini merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi pada anak, keluhan yang dirasakan adalah nyeri pada bagian bawah perut. Untuk obat sembelit dan susah buang air besar alami, bunda bisa langsung memberikan anak makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayur dan buah-buahan. Karena biasanya, hal ini terjadi memang karena anak kecil pada umumnya enggan untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

Nah, diatas adalah sedikit contoh dari jenis penyakit perut dan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Sebagai orang tua, adalah wajar memang jika Anda mengalami kekhawatiran tersendiri ketika melihat anak sakit. Namun daripada terus dilanda kepanikan yang justru akan membuat anak ikut panik, alangkah jauh lebih baik jika bunda dapat langsung memberikan pertolongan pertama terlebih dahulu. Entahkah dengan membuatkan cairan oralit, jika gejala yang bunda lihat menyerupai penyakit Gastroenteritis, atau memberikan anak makanan yang mengandung banyak serat, jika anak memang mengaku kesulitan untuk buang air besar. Namun, jika memang kurang paham akan hal tersebut dan anak belum menunjukkan tanda-tanda perubahan, ada baiknya untuk langsung mengkonsultasikannya kepada dokter ahli.

Related Posts

Load comments

Comments