Power Searching with Google - Kursus Online Gratis dari Google

Adakah diantara anda yang belum pernah mendengar nama "Google" sama sekali? Klo ada, tanpa bermaksud menggurui, saya akan coba menjelaskan secara singkat dan sederhana, apa itu Google? dan kenapa anda wajib kenal sama nama yang satu ini, nggak perduli anda adalah seorang Profesional IT atau hanya sebatas orang awam (kaya saya).

---

Google Inc. merupakan salah satu raksasa Internet terbesar di dunia, dengan bermacam-macam produk (yang saya nggak tau jumlah pastinya) yang hampir semua produknya berbasis Open Source (atau yang dengan kata lain dapat anda gunakan secara Free alias Gratis, tanpa perlu membayar lisensi produknya sama sekali).

Dan beberapa produk open source tersebut, antara lain: Google Search Engine (yang saya yakin minimal satu kali dalam hidup pasti pernah anda gunakan), Android (salah satu sistem operasi Open Source yang kini menjadi pesaing utama iOS dalam pasar Mobile), Google Drive (salah satu Free Cloud hosting yang dibuat Google, yang bahkan mendukung open dan edit document secara online), Google Chrome (salah satu browser besutan Google yang banyak diminati di seluruh dunia), Gmail (Layanan hosting gratis yang disediakan Google untuk kita semua), dan masih banyak lagi lainnya.

Lantas kenapa saya katakan, anda wajib kenal sama Raksasa Internet yang satu ini? karena saya yakin, anda semua (yang membaca postingan ini) adalah pengguna Internet aktif, yang banyak memanfaatkan akses internet untuk menunjang aktivitas sehari-hari anda, baik itu hanya sekedar berkirim Email pekerjaan atau bahkan hingga melakukan transaksi berjual beli Online sebagai mata pencaharian utama anda. Dan sebagai pelaku Internet, saya rasa nggak ada salahnya anda mengenal Google dan produk-produk Open Source-nya untuk menunjang aktivitas-aktivitas Online anda tersebut. Saya ambil contoh, anda dapat menggunakaln Gmail untuk berkirim Email dan anda bahkan dapat mendaftarkan diri di bisnisgoonline.co.id untuk meng-online-kan usaha bisnis yang telah atau baru ingin anda rintis.

Dan itu baru sebagian kecil produk besutan Google yang bisa anda gunakan secara gratis...

Dan diluar itu, masih banyak produk open source lain yang bisa anda gunakan, yang salah satu diantaranya adalah Google Search Engine (yang lagi-lagi saya yakini pasti pernah anda gunakan minimal sekali seumur hidup haha).

Apa itu Google Search Engine? secara sederhana, Google Search Engine merupakan tools/mesin pencarian online, yang dapat anda gunakan untuk mencari "materi" apa saja yang anda butuhkan, baik itu materi berupa artikel blog, video, audio, dokumen atau materi lainnya...

Dan cara penggunaannya pun cukup dan sangat-sangat sederhana, karena anda hanya tinggal masuk ke Google.Com (redirect ke Google.Co.Id untuk kawasan Indonesia), dan tinggal mengetikkan keyword yang ingin anda cari pada text field yang tersedia dan setelah menekan tuts "enter" pada keyboard atau mengklik logo kaca pembesar, anda tinggal memilih hasil pencarian yang disediakan Google yang menurut anda relevan untuk anda gunakan.

Dan kabar baik dari Google untuk anda semua yang ingin lebih jauh mengenal Tools "Search Engine"-nya ini adalah dalam waktu dekat, Google akan mengadakan sebuah kursus Online gratis bertajuk "Power Searching with Google".

Apa itu "Power Searching with Google"? Power Searching with Google merupakan sebuah kursus singkat gratis yang di sponsori oleh Google, yang dapat anda ikuti secara Online. Hanya dengan cara mendaftarkan diri anda melalui url berikut ini:

http://www.google.com/insidesearch/landing/powersearching.html

Dan dalam kursus yang rencananya akan dilakukan secara kontinyu mulai dari tanggal 10-19 Juli 2012 mendatang ini, anda hanya perlu mengikuti 6 kelas, yang masing-masing kelas hanya perlu anda ikuti selama 50 Menit (atau kurang dari 1 jam).

Dan yang menarik dari Kursus Online Gratis ini adalah, setelah mengikuti serangkaian materi-materi yang disediakan Google dalam kursus tersebut anda pun akan diberikan sebuah Sertfikat yang akan dikirimkan melalui Email anda masing-masing :)

Gimana? tertarik untuk ikut serta? klo tertarik, silahkan langsung daftarkan diri anda sebelum tanggal 10 Juli 2012 melalui link diatas. Karena selain Gratis, anda pun dapat berinteraksi secara aktif dengan peserta lain menggunakan Google Groups, Google+, dan Hangouts.

So, tunggu apa lagi... segera daftarkan diri anda untuk menjadi "a great internet searcher" :)

Update!

Kalo diantara anda ada yang penasaran, apa aja materi yang diajarin mbah Google di "Power Searching with Google" tahun 2012 lalu itu, anda bisa mengakses materi tertulis dan materi videonya di link berikut: http://www.powersearchingwithgoogle.com/

Kebetulan semua materi itu masih bisa diakses dan nggak dihapus sama pihak Google, biarpun kursusnya udah kelar dari kapan tau hehe...

Dan untuk Video HangOut Air-nya, bisa anda tonton di Official YouTube Channel "Google Open Online Education". Cuma berhubung kursusnya emang udah agak lama, videonya juga mungkin udah ketiban sama video-video lain yang lebih baru, jadi ya sabar-sabar aja deh, nyecroll video di Channel itu satu-persatu, sampe ketemu Video HangOut Air-nya "Power Searching with Google" hehe...

Cuma sayangnya, anda udah nggak bisa ngedapetin "Power Searching with Google certificate" kaya berikut ini:



Gpp lah ya yang penting kan bisa dapet ilmunya, Right? hehe...


Related Posts

Load comments