Selasa, 15 Mei 2018

Berapa Banyak Sih Asupan Air Yang Kita Butuhkan Ketika Berolahraga? Yuk Simak Penjelasannya!


Selain oksigen, senyawa lain yang juga tak kalah penting dan amat dibutuhkan oleh tubuh kita adalah air. Yap, air memegang peranan yang amat penting bagi keberlangsungan hidup kita, karena tanpa keberadaan senyawa yang satu ini, mustahil tubuh kita dapat melakukan proses metabolisme serta beragam proses kimiawi lain yang dilakukan oleh organ-organ tubuh kita secara bergantian. Mengapa demikian? karena faktanya, sebanyak kurang lebih 3/4 bagian dari tubuh manusia memang terdiri dari air. Tepatnya sebanyak 74% bagian ketika kita lahir, yang kemudian turun menjadi 40-60% bagian ketika kita mulai beranjak dewasa. Tak heran jika kemudian, para ahli gizi dan kesehatan menganjurkan kita untuk meminum air dalam jumlah yang cukup, yakni sekitar 8 gelas* air dalam sehari, supaya keseimbangan cairan dalam tubuh kita tetap terjaga. 

Mengapa keseimbangan cairan dalam tubuh kita menjadi sesuatu hal yang amat penting untuk dijaga? karena kekurangan cairan secara terus menerus dalam waktu yang relatif lama dapat membuat tubuh kita mengalami dehidrasi dan sebaliknya kelebihan cairan pun dapat membuat tubuh kita mengalami overhidrasi. Itulah mengapa kita disarankan, untuk mengkonsumsi air hanya dalam jumlah yang kita butuhkan. Karena setiap orang memiliki kebutuhan asupan air yang berbeda-beda, tergantung dari seberapa berat aktivitas fisik yang mereka lakukan setiap harinya. Bagi beberapa orang mengkonsumsi air sebanyak 6-7 gelas per hari mungkin merupakan jumlah yang ideal, namun bagi orang lain yang terbiasa berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, mengkonsumsi air sebanyak 8-12 gelas setiap harinya mungkin merupakan jumlah yang juga cukup ideal bagi mereka.

Nah, pada kesempatan kali ini secara khusus kita hanya akan membahas mengenai, seberapa banyak asupan air yang kita butuhkan ketika berolahraga? karena baik disadari maupun tidak, ada banyak orang yang justru mengabaikan hal ini, ketika mereka terlalu fokus dan terobsesi pada olahraga yang sedang mereka lakukan atau jalani. Mengapa saya katakan demikian? karena hal itulah yang seringkali saya lihat dan perhatikan ketika sedang berolahraga di pagi hari.

Dibandingkan dulu, ada jauh lebih banyak orang yang kini mulai sadar tentang pentingnya menjalani pola hidup sehat, yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk berolahraga secara teratur. Namun sayangnya, ada banyak orang yang justru menahan rasa dehidrasinya dengan terus melanjutkan olahraganya tanpa berhenti sejenak untuk mengisi kembali cairan tubuh mereka yang hilang. Yap, ada banyak orang yang justru lupa untuk minum air ketika sedang berolahraga. Padahal, sebelum, saat dan setelah berolahraga, kita dianjurkan untuk meminum air dalam jumlah yang cukup agar keseimbangan cairan dalam tubuh kita tetap terjaga.

Bagi anda yang memiliki kualitas air tanah yang cukup baik, anda dapat membawa dan mengkonsumsinya saat berolahraga. Namun jika kualitas air tanah dirumah anda tidak terlalu bagus, anda dapat memilih option lain dengan membeli air minum dalam kemasasan (AMDK) di warung atau minimarket terdekat ketika berolahraga. Saya sendiri, biasanya lebih memilih untuk membeli air mineral di minimarket terdekat yang saya lewati ketika sedang lari pagi. Dan brand yang saya pilih biasanya adalah Le Minerale. Alasannya? cukup simple, karena saya memang seorang penderita hypocalcium (kekurangan kalsium ion dan total). Dan diantara sekian banyak brand dan varian air mineral, hanya air mineral le minerale yang saya lihat mencantumkan jumlah calcium dalam ingredients mereka secara rinci. Bahkan hanya le minerale sepertinya yang secara gamblang menuliskan ingredients dalam botol mereka.

Dok. pribadi

Oiya, ngomong-ngomong soal le minerale, ada rasa manis yang begitu segar yang akan anda rasakan ketika mengkonsumsinya. Rasa manis yang cukup khas, yang setelah saya cari tahu lebih jauh ternyata berasal dari kandungan mineral alaminya. I don't know how to describe it, yang pasti ada rasa manis yang akan cukup lama anda rasakan dimulut anda setelah meminumnya.

Dan tanpa bermaksud untuk membandingkan le minerale dengan beberapa pesaingnya, beberapa fakta le minerale berikut ini, mungkin dapat memberikan sedikit gambaran mengapa saya pribadi akhirnya memutuskan untuk memilih brand air mineral yang satu ini sebagai sahabat setia saya ketika berolahraga.

1. Le Minerale memiliki kandungan mineral dengan porsi yang pas, yakni Kalsium, Magnesium, Sodium, dan Potasium yang kesemuanya diyakini amat baik bagi kesehatan tubuh kita.
2. Le Minerale juga dibotolkan langsung di sumber mata air yang mereka pilih, yang salah satunya berasal dari pegunungan Bromo.
3. Teknologi mineral protection system yang dimiliki Le Minerale, turut memastikan bahwa kandungan mineral alami yang terkandung didalamnya tidak akan hilang dan akan tetap terjaga mulai dari proses pembotolan hingga sampai ke tangan para konsumen, seperti saya. 

Nah itu dia kira-kira beberapa fakta le minerale, yang menjadikannya cukup layak untuk dilirik dan dicintai #Cailah

And back to the topic, berapa banyak sebetulnya asupan air yang kita butuhkan ketika berolahraga?

Beberapa ahli kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi setidaknya 2 gelas air beberapa jam sebelum berolahraga. Dan sekitar segelas air saat berolahraga. Dan untuk jumlah asupan air yang kita butuhkan setelah berolahraga, besarannya bisa dihitung dengan membandingkan berat tubuh kita sebelum dan sesudah berolahraga. Untuk setiap setengah kilogram berat tubuh yang hilang, anda dianjurkan untuk meminum setidaknya 600 hingga 700ml air. So, untuk memastikannya jangan lupa untuk lebih dulu menimbang berat badan anda sebelum berolahraga. 

Dan yang terpenting, tetap jaga dan pelihara kebiasaan baik yang telah anda mulai :)

Move Right, Eat Right and Drink Right  

(* dapat kurang atau pun lebih, tergantung dari berat badan dan aktivitas fisik yang dilakukan oleh masing-masing orang)

0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me