Kamis, 30 November 2017

Tips Merawat Tas Anak Sekolah Perempuan Agar Awet


Kira-kira bisa tahan berapa lama tas sekolah putra-putri Anda? Dan berapa kali Anda membelikanya tas baru karena tas lamanya rusak? Mungkin Anda heran ketika tas yang baru saja Anda belikan untuk anak tiba-tiba rusak, padahal harganya mahal atau kualitasnya cukup bagus.

Perlu diketahui, faktor penyebab tas rusak seringkali bukan pada kwalitas tas tersebut, namun justru disebabkan karena perawatan yang salah. Lantas, bagaimana cara merawat tas anak, khususnya anak perempaun, agar tidak cepat rusak?

Berikut telah kami rangkum beberapa tips merawat tas anak sekolah perempuan agar awet dan tahan lama. Nah, silahkan disimak.

Tips Merawat Tas Anak Sekolah Perempuan Agar Awet

1. Jangan memasukkan beban terlalu berat



Salah satu penyebab tas tas cepat rusak yaitu karena beban yang dimasukkan dalam tas terlalu berat. Kelebihan beban dalam tali tas cepat putus atau rusak. Oleh sebab itu, usahakan jangan membebani tas dengan benda-benda yang berat. Jika anak harus membawa beberapa barang bawaan, sebaiknya berikan dia tas jinjing kecil untuk membawa barang-barang seperti kotak makan dan minum, sehingga tidak semua barang bawaan anak dimasukkan ke dalam tas.

2. Hati-hati dalam membuka dan menutup resleting



Kebanyakan Anda menemukan tas yang rusak pada bagian resleting. Untuk itu, ajarkan kepada anak untuk perlahan-lahan saat membuka dan menutup resleting tas, sehingga resleting tidak tersangkut bahan/benang tas yang bisa menyebabkan kerusakan.

3. Rendam tas dengan air hangat

Tips merawat tas anak sekolah perempuan selanjutnya yaitu merendam sebelum dicuci. Sebelum Anda mencucinya, alangkah baiknya rendam tas anak dengan air hangat selama kurang lebih 30 menit dan tambahkan deterjen agar noda mudah hilang. Setelah direndam baru dicuci hingga bersih.

4. Jangan menyikat terlalu kuat saat mencuci



Untuk menjaga kebersihan tas, tentu secara berkala tas harus dicuci. Namun, teknik pencucian yang salah terkadang justru membuat kualitas tas semakin buruk. Nah, saat mencuci jangan menyikatnya terlalu keras karena dapat membuat tas menjadi kasar, bahkan dapat merusak kualitas benang dari tas tersebut. Jika pada bagian tertentu sangat kotor, maka gunakan detergen dan gosok secara perlahan.

5. Jangan mencuci tas dengan mesin cuci



Meskipun Anda terbiasa mencuci pakaian dengan mesin cuci, maka jangan lakukan hal tersebut pada tas. Lebih baik, cucilah tas secara manual dengan tangan agar kualitas tas tidak rusak oleh mesin cuci.

6. Pisahkan tali tas

Jika tas yang dimiliki bermodel tali yang bisa dilepas, maka lepaskan tali dari tas agar lebih mudah dicuci. Hal tersebut bertujuan agar tali tas lebih bersih saat pencucian. Karena sering dipakai atau diletakkan pada bahu, maka tali tas biasanya lebih kotor sehingga butuh pencucian yang ekstra untuk membersihkannya.

7. Jemur di tempat yang sesuai


Untuk menjaga kualitas tas tetap bagus, perlu diperhatikan pada saat penjemuran tas. Jika tas terbuat dari bahan kain tebal, maka jemurlah tas di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar cepat kering dalam satu kali jemur. Namun, jika tas terbuat dari bahan-bahan yang tipis atau tidak tahan terhadap sinar matahari langsung, maka usahakan jangan menjemur tas di bawah sinar matahari langsung. Namun, jemurlah tas di tempat yang teduh dan berangin, agar bisa kering. Hal ini untuk menjaga agar kualitas bahan tas tetap bagus. Jemurlah tas dalam posisi resleting terbuka, agar bagian dalam tas juga dapat kering.

8. Semir Sesuai Warna

Jika memungkinkan untuk disemir, Anda dapat menyemir tas anak dengan menggunakan semir yang sesuai dengan warna tas, agarnya tetap bagus dan tidak kusam. Sehingga tas akan terlihat seperti baru lagi.

Nah, itulah diatas beberapa tips dalam merawat tas anak sekolah perempuan yang sebaiknya Anda terapkan mulai sekarang. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me