Senin, 23 Oktober 2017

Inilah, 5 Aspek Penting Yang Harus Anda Perhatikan, Ketika Hendak Mendesain Rumah Minimalis


Solusi desain rumah minimalis. Mendengar kalimat itu, mungkin anda akan langsung bertanya kepada saya, apa solusinya? Dalam menciptakan sebuah desain rumah minimalis, tentu saja anda memerlukan sebuah solusi tepat dan cepat. Dimana solusi inilah yang akan menjadikan rumah anda terlihat begitu menawan dan sesuai dengan keinginan anda. Itulah mengapa, kali ini ~ saya akan berbagi sedikit tips jitu yang dapat anda jadikan sebagai sebuah referensi ketika hendak membangun, merancang, maupun mendesain sebuah hunian minimalis.

Nah, berikut 5 aspek penting yang harus anda perhatikan, ketika hendak mendesain sebuah rumah minimalis.

Warna


Rumah minimalis biasanya menggunakan warna-warna tertentu untuk menggambarkan kesan minimalisnya. Contohnya warna putih, warna ini seringkali kita lihat sebagai warna yang paling umum digunakan oleh banyak rumah bergaya minimalis. Mengapa putih? karena warna putih dengan sendirinya akan menggambarkan sebuah kesan simple yang khas dengan sebuah bangunan minimalis.

Yap, simple... that's it...

Karena yang ingin ditonjolkan dalam sebuah desain rumah minimalis memang adalah sifat kesederhaaan-nya. Selain putih, anda dapat menggunakan paduan warna kuat lain seperti abu-abu maupun cokelat.

Dapur


Mengapa dapur? Karena dapur dapat memberikan kesan yang begitu penting dalam sebuah hunian, khususnya jika yang kita bicarakan adalah sebuah desain rumah minimalis. Mengapa begitu?

Karena desain dapur yang menarik tentu akan membuat para penghuninya betah untuk berlama-lama berada didalamnya, khususnya ketika memasak. Itulah mengapa kemudian, muncul juga beragam aliran desain dapur minimalis.

Lantas hal-hal apa sajakah yang harus anda perhatikan ketika hendak memadu padankan desain dapur rumah anda, dengan desain keseluruhan dari rumah minimalis anda?

Banyak hal, salah satunya ialah tata letak. Pengaturan tata letak sangat berpengaruh terhadap desain rumah yang anda terapkan. Tata letak yang kurang tepat akan mengakibatkan kesan minimalis dari dapur yang anda miliki berkurang atau bahkan tidak nampak sama sekali.

Lantas bagaimana solusinya? persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang.

Anda bisa menggambarnya terlebih dahulu, kemudian menyerahkannya kepada orang yang berpengalaman dalam bidang interior, namun jika sempat tidak ada salahnya jika anda ingin mendesainnya sendiri. Karena merancang desain interior bukanlah sesuatu hal yang sulit, terutama di era serba instant seperti sekarang ini dimana kita dapat dengan mudah menemukan stiker tembok dengan harga yang cukup murah untuk menghiasi dinding dapur kita.

Taman


Setelah warna dan dapur, yang akan kita bahas berikutnya adalah taman.

Seperti apa kira-kira desain sebuah taman rumah minimalis yang dapat anda bayangkan?

Terdapat rumput mungkin? ada kolam bebatuan? kolam ikan? ataupun pot-pot tanaman berbunga? Itu adalah beragam material yang bisa anda  bentuk menjadi sebuah taman minimalis.

Seperti halnya dapur yang harus anda sesuaikan tata letaknya. Untuk membuat sebuah taman minimalis, anda juga wajib menerapkan hal yang satu ini. Karena tata letak dari semua unsur tersebut akan turut mempengaruhi keindahan dan nilai estetika dari keseluruhan desain taman dirumah anda, terlebih dengan ketersedian lahan yang sangat sedikit, dimana anda dituntut untuk lebih teliti dalam mempertimbangkan luas lahan yang hendak anda gunakan.

Untuk mempercantik bentuknya, anda bisa menambahkan lampu taman yang berbentuk kubah ataupun bulat, atau jika mau anda dapat menggunakan lampu tanam yang menggunakan energi surya.

Selain lampu taman, anda dapat menambahkan beberapa unsur lain. Namun sebisa mungkin, hindari penggunaan patung sebagai hiasan kolam ditaman minimalis anda, karena penggunaan patung jelas tidak sesuai dengan konsep minimalis yang hendak kita rancang. Karena bentuk sebuah patung jelas terlalu kompleks, dan too much jika ingin diterapkan di taman berkonsep minimalis.

Lantas material apa lagi yang bisa kita tambahkan? anda dapat menambahkan sebuah pijakan berbahan dasar batu yang berbentuk lingkarang ataupun kotak untuk membentuk sebuah jalan kecil yang mengarah ke taman minimalis anda. Karena selain dapat berfungsi sebagai pemanis taman, bebatuan tersebut dapat kita manfaatkan sebagai material refleksi sederhana sambil bersantai ria.

Pagar


Pagar merupakan material pertama yang akan dilihat oleh seseorang ketika hendak masuk kedalam rumah kita. Itulah mengapa memilih bentuk pagar yang tepat menjadi salah satu hal yang cukup penting, karena tidak mungkin sebuah bangunan berkonsep minimalis, justru menggunakan pagar tinggi layaknya sebuah kastil/istana.

Lantas seperti apa bentuk pagar minimalis yang paling tepat untuk kita gunakan?

Pagar untuk rumah minimalis biasanya memiliki bentuk yang amat sederhana, dimana bentuknya jauh lebih banyak memainkan paduan garis horizontal dan vertikal. Tanpa profil atau motif unik lain.

Lebih jauh, pagar minimalis biasanya memainkan bentuk kotak yang terkonsep seperti sebuah alur, ataupun bentuk lengkungan sederhana. Ada juga yang menambahkan aksen kayu dibagian tengahnya, sehingga ada perpaduan antara besi dengan kayu, yang tentu saja akan semakin memperkaya bentuk minimalisnya.

Furniture


Selain sebagai sebuah kebutuhan untuk meletakan berbagai macam barang, furniture juga memiliki fungsi sekunder lain sebagai hiasan bagi rumah anda, terutama bagi rumah yang memiliki desain minimalis.

Karena pada rumah minimalis, furniture yang digunakan umumnya jauh lebih sedikit dalam hal kuantitas jika ingin dibandingkan dengan gaya rumah kontemporer lainnya. Tata letaknya pun harus diatur menyesuaikan luas ruangan dalam rumah anda. Sehingga dalam hal ini, lagi-lagi anda dituntut untuk jeli dalam memilih maupun meletakkan furniture ataupun perabotan rumah tangga anda.

Intinya, gunakanlah furniture yang memang anda butuhkan.

Nah, itulah kira-kira 5 aspek penting yang harus anda perhatikan, ketika hendak mendesain sebuah rumah minimalis. 

0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me