Rabu, 18 Oktober 2017

3 Ciri Gejala Kanker Serviks Stadium Awal


Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang terjadi pada sel-sel leher rahim yang terletak pada bagian rahum yang terhubung pada bagian intim wanita. Virus yang bernama Human Papillomavirus atau HPV adalah penyebab sebagain besar kasus dari kanker serviks, yaitu salah satu penyakit yang dapat menular melalui hubungan seksual atau kontak langsung kulit ke kulit di daerah genital.

Jadi gejala kanker serviks stadium awal pada umumnya tidak terlihat tanda-tanda apapun. Gejala akan terlihat ketika kanker menyebar di jaringan sekitarnya. Gejala yang dapat muncul adalah seperti,
 
  1. Pendarahan vagina yang tidak beraturan merupakan gejala paling umum dari munculnya kanker serviks. Pendarahan dapat terjadi antara periode menstruasi atau setelah berhubungan seks. Pendarahan ini pun dapat terjadi pada seorang wanita yang sudah menopause dan kondisi ini adalah tanda adanya kanker serviks atau kondisi yang serius lainnya.
     
  2. Selain pendararahan di vagina, keputihan yang diiringi air dan bercampur dengan darah pun bisa menjadi suatu gejala kanker serviks. Selain itu, keputihan juga memiliki aroma bau yang busuk, berwarna jernih atau kecoklatan.
  3. Nyeri pada pinggul atau ketika hendak berhubungan badan dengan suami.

Kebanyakan wanita yang terserang infeksi virus HPV tidak mengalami gejala yang ditimbulkan. Tapi ada beberapa jenis virus HPV yang dapat memunculkan gejala yang terlihat seperti kutil pada kelamin atau kanker. Setelah gejala awal ini muncul, maka akan diikuti oleh gejala lainnya yang lebih berat seperti, kesulitan buang air kecil dan besar, nyeri pinggul, penurunan berat badan, tubuh merasa lemas hingga pembengkakan pada salah satu atau kedua kaki.

Mengetahui gejala kanker serviks stadium awal memang terkadang sulit untuk mengetahuinya, namun dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, bahwa kemungkinan besar gejala yang ditimbulkan pada kanker serviks stadium awal bisa saja dari pendarahan pada vagina yang tidak beraturan. Biasanya pendarahan ini bukanlah menstruasi yang terjadwal, namun pendarahan pada vagina ini tidak beraturan dan kemungkinan besar itu adalah gejala awal dari kanker serviks atau penyebab kanker rahim dalam tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me