Jumat, 11 Agustus 2017

Inilah, 5 Manfaat Tidur Teratur Di Malam Hari Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Tidur merupakan salah satu aktivitas terpenting yang harus dilakukan oleh tubuh kita untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Itulah mengapa, banyak pakar kesehatan yang seringkali menyarankan dan menganjurkan kita untuk tidur 7 hingga 8 jam setiap malam supaya kita dapat mengistirahatkan beberapa organ vital dalam tubuh kita, sekaligus mengizinkan beberapa organ vital lain untuk memulai tugasnya mendetoksifikasi tubuh kita, agar dapat menjalankan rutinitas dengan prima pada keesokan harinya.

So, jika selama ini anda termasuk satu diantara sekian banyak orang yang masih sering mengabaikan pentingnya tidur dimalam hari, dengan asyik begadang hingga dini hari, bahkan pagi hari. Ada baiknya, jika anda mulai mengurangi rutinitas buruk yang satu ini.

Karena seiring pertambahan usia, organ tubuh kita pun akan ikut mengalami penuaan dan penurunan fungsi kerjanya.

Betul memang, jika dalam usia-usia produktif anda sudah sepatutnya bekerja semaksimal mungkin agar segera dapat menikmati hasilnya sebelum masa tua datang. Namun mengabaikan waktu tidur dimalam hari jelas bukan merupakan pilihan terbaik anda, mengingat dampaknya pun pasti akan mulai anda alami dikemudian hari. Karena menurut banyak penelitian, seseorang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya, bahkan sama buruknya dengan seorang pecandu alkohol.


So, lagi-lagi sehat memang harus kita mulai dari diri kita sendiri...

Dan alangkah lebih baik untuk mencegah dari pada mengobati, karena sebetulnya, yang perlu anda lakukan sebagai tindakan pencegahan hanyalah mengubah pola hidup, termasuk pola tidur anda menjadi lebih teratur. Hanya yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, maukah anda melakukannya? Karena mengubah kebiasaan buruk yang telah kita lakukan selama bertahun-tahun memang bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Maka dari itulah, sebagai reminder untuk mengubah kebiasaan buruk kita secara perlahan, kali ini kita akan sedikit membahas mengenai manfaat tidur teratur di malam hari bagi kesehatan tubuh kita. Terlihat sepele memang, namun tidur teratur dimalam hari nyatanya justru memiliki manfaat yang amat sangat besar bagi kesehatan tubuh kita.

Dan beberapa manfaat tidur teratur di malam hari bagi kesehatan tubuh kita, antara lain:

1. Tidur teratur di malam hari dapat menjaga kesehatan dan kebugaran jantung kita

Seperti yang sama-sama kita ketahui, untuk menjaga tubuh tetap prima, kita dianjurkan untuk tidur dan beristirahat selama tujuh hingga delapan jam setiap harinya. Dan sebuah riset kedokteran baru-baru ini menyatakan, bahwa mengabaikan kualitas dan kuantitas tidur dimalam hari, dapat menyebabkan tubuh kita lebih rentan terserang penyakit, seperti: tekanan darah tinggi bahkan serangan jantung.

Anda bisa saja menyangkalnya, karena belum merasakannya.

Namun sebuah studi ilmiah lain, ternyata turut mengukuhkan pendapat yang satu ini, dengan menyatakan bahwa serangan jantung seringkali terjadi atau kambuh menjelang waktu subuh di pagi hari. Dan jauh lebih sering dialami oleh orang-orang yang memiliki riwayat suka begadang dimalam hari.

2. Tidur teratur di malam hari dapat mencegah penyakit kanker

Sebuah riset ilmiah menyatakan bahwa seseorang yang bekerja di malam hari dengan paparan sinar langsung dari benda-benda elektronik disekitarnya, jauh lebih rentan terkena penyakit kanker, dari pada mereka yang memilih untuk tidur dan beristirahat. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan kadar melatonin pada orang yang terpapar cahaya dimalam hari, dengan yang tidak terpapar.

Melatonin sendiri merupakan sebuah hormon penting di dalam tubuh kita, yang berfungsi untuk merangsang rasa kantuk di malam hari. Itulah mengapa, bekerja di malam hari dengan paparan cahaya langsung yang menerangi tubuh kita, justru dapat berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita yang bahkan dapat memicu perumbuhan sel-sel kanker didalam tubuh kita.

3. Tidur teratur dapat mengurangi tingkat depresi seseorang

Orang-orang yang terbiasa tidur teratur di malam hari sudah barang tentu akan merasakan kualitas kebugaran tubuh yang jauh lebih baik pada keesokan harinya, berbeda dengan mereka yang lebih memilih untuk begadang. Itulah mengapa, orang-orang yang terbiasa begadang pada malam hari jauh lebih sering merasakan keletihan yang berlebihan dan mudah marah, stres atau depresi pada keesokan harinya.

4. Tidur teratur juga mempengaruhi kekebalan tubuh anda

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kekebalan tubuh kita agar tetap stabil, adalah dengan tidur cukup dimalam hari. Karena dengan membiarkan tubuh tidur teratur dimalam hari, dengan sendirinya kekebalan tubuh andapun akan ikut meningkat. Maka dari itulah, jangan tunggu hingga esok, jika sebetulnya anda dapat memulai kebiasaan baik itu saat ini juga.

5. Tidur teratur di malam hari juga turut mencerdaskan otak

Mengapa demikian? karena tidur teratur di malam hari dapat menetralisasikan gelombang otak kita menjadi lebih teratur. Dan dalam fase yang satu ini, darah dapat mengalir ke otak dengan sangat sempurna. Itulah mengapa mereka yang terbiasa tidur teratur dimalam hari, memiliki pemikiran yang jauh lebih jernih dan juga jauh lebih fokus dalam menjalankan rutinitas kesehariannya, seperti: bersekolah, kuliah maupun pergi bekerja.

So, pilihan terakhir ada ditangan anda sendiri.

Ingin tetap mempertahankan kebiasaan begadang anda, atau merubahnya mulai saat ini juga... :)

0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me