Rabu, 30 Agustus 2017

Inilah, 5 Alasan Mengapa Musik Begitu Penting Bagi Kehidupan Kita?


Musik merupakan salah satu elemen terpenting dalam kehidupan manusia, yang juga dianggap sebagai bahasa paling universal yang dapat diterima oleh semua orang dari beragam suku, bangsa dan budaya. Bahkan dalam beberapa aspek, musik dipercaya dapat menyampaikan hal-hal yang kadang kala sulit untuk kita ungkapkan melalui kata-kata. Misalnya, kehadiran musik sebagai on sound track dalam sebuah film yang seringkali digunakan sebagai media pelengkap untuk mempertegas ekspresi, watak, bahkan suasana yang ingin digambarkan oleh sang sutradara dalam film tersebut. Bayangkan betapa datar dan sepinya sebuah film, jika film tersebut diproduksi tanpa sebuah on sound track.

Dilain tempat, musik juga seringkali digunakan sebagai media promosi yang cukup ampuh untuk menarik minat calon customer. Contohnya, dapat dengan mudah Anda temui diberagam pusat perbelanjaan maupun factory outlet yang tersebar disekeliling Anda. Pusat-pusat perbelanjaan tersebut, biasanya menarik minat para pengunjung dengan menyediakan hiburan berupa live music yang bisa dinikmati secara gratis oleh para pengunjung di halaman pertokoan mereka. Bahkan dalam beberapa kesempatan, ada pula pusat perbelanjaan yang sengaja menyediakan lahan kosong disudut pusat perbelanjaan mereka beserta alat musik band lengkap dengan sound system-nya, yang boleh dimainkan secara gratis oleh siapa pun yang mau dan dapat memainkannya. Dan dalam kesempatan-kesempatan seperti inilah, biasanya muncul para musisi dan pecinta musik dari beragam latar belakang dan komunitas musik indonesia yang secara sukarela akan hadir untuk turut meramaikan pertunjukan seni ditempat tersebut. Dan disinilah akhirnya tercipta sebuah simbiosis mutualisme antara pusat perbelanjaan yang membutuhkan pengunjung, para musisi yang membutuhkan tempat untuk menyalurkan kreatifitas mereka, serta para pengunjung pusat perbelanjaan yang juga membutuhkan hiburan untuk sejenak melepas lelah mereka setelah puas berbelanja.

Dan itu hanya sebagian contoh kecil yang dapat dengan mudah kita temui disekeliling kita.

Karena faktanya, masih banyak contoh lain yang secara tidak langsung akan turut menjelaskan kepada kita, mengapa kemudian musik menjadi salah satu elemen yang begitu penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia dan apa saja sebenarnya manfaat musik yang kadang kala luput dari perhatian kita?

Mari kita bahas beberapa diantaranya,

1. Musik Turut Mempengaruhi Tingkat Kesehatan Seseorang



Tak heran jika kemudian, mereka yang terbiasa mendengarkan musik akan terlihat jauh lebih sehat dan bugar daripada mereka yang jarang mendengarkan musik. Karena menurut sebuah studi ilmiah, beberapa organ vital didalam tubuh kita akan bekerja secara lebih maksimal dan teratur ketika kita mendengarkan lantunan musik pelan dengan nada yang lebih soft. Dalam studi tersebut, para ahli kesehatan menyatakan bahwa detak jantung akan jauh lebih lambat ketika seseorang sedang asik mendengarkan lantunan musik-musik pelan yang mereka suka, dan selain organ jantung, otak pun diyakini akan jauh lebih rileks dari pada sebelumnya karena cara kita bernafas ketika mendengarkan lantunan musik-musik pelan, akan jauh lebih teratur, jika dibandingkan ketika kita melakukan aktivitas fisik lain.

2. Musik Turut Membantu Proses Penyembuhan Anda, Dari Penyakit Yang Anda Derita



Tahukah anda, bahwa salah satu penyebab utama dari sebagian besar penyakit kronis yang kini menghantui kita adalah "Depresi"? Yap, pikiran-pikiran negatif yang kadangkala menimbulkan rasa cemas, serta hal-hal lain yang kemudian membuat kita memikirkannya secara lebih mendalam dalam waktu yang relatif lama, ternyata justru berdampak buruk pada kesehatan psikis maupun jasmani kita.

Kabar baiknya adalah, sekalipun belum ada riset ilmiah yang membuktikan hal ini, musik dipercaya dapat mempercepat proses recovery atau kesembuhan seseorang dari penyakit yang dideritanya. Misalnya, bagi penderita stroke, musik dipercaya dapat menstimulasi otak untuk mengirimkan respon otomatis ke anggota tubuh yang mati rasa pasca serangan stroke, seperti tangan maupun kaki. Bahkan terapi musik bagi penderita stroke diyakini oleh sebagian ahli kesehatan dapat membantu memberikan energi positif, seperti menghilangkan rasa cemas, selama proses pengobatan. Karena dalam keadaan serba terbatas seperti ini, para penderita stroke biasanya akan jauh lebih mudah untuk mengasihani diri mereka sendiri, padahal pikiran-pikiran negatif seperti inilah yang sebisa mungkin harus dihindari oleh para penderita stroke selama masa penyembuhan.

Dalam contoh yang lain, musik dipercaya dapat meningkatkan gelombang otak dengan cukup signifikan dan dapat membantu mencegah terjadinya kejang-kejang yang seringkali dialami oleh para penderita epilepsi.

Bahkan sebuah studi ilmiah yang dilakukan oleh sekelompok ilmuan dari University of Kentucky menyatakan, bahwa mendengarkan musik dapat turut mengurangi rasa nyeri dan kecemasan yang mendalam menjelang proses operasi. 

3. Musik Menjadikan Anda Jauh Lebih Fokus dan Bersemangat Ketika Menjalani Rutinitas



Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau aliran musik klasik selama ini memang dikenal sebagai salah satu jenis musik yang dipercaya dapat meningkatkan fokus dalam otak kita, ketika sedang melakukan rutinitas keseharian. Nada-nada yang keluar dari lantunan musik klasik, dipercaya dapat mempertajam konsentrasi dan daya ingat kita, ketika sedang mendengarkan, menyerap dan memilah-milah informasi yang kita terima. 

Namun tahukah Anda? bahwa mendengarkan lagu-lagu enerjik nan ceria dengan nada-nada yang positif ternyata juga dapat turut mempengaruhi dan meningkatkan mood Anda selama 2 minggu kedepan. Yap, selain mempengaruhi kinerja sistem saraf pusat, musik pun ternyata mampu memicu pelepasan kinerja hormon dopamin dalam otak kita. Yakni sebuah hormon penting dalam tubuh kita, yang salah satu fungsinya adalah memicu terjadinya perasaan senang.

4. Musik Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur Anda



Pernah mendengar hasil sebuah riset yang menyatakan bahwa menatap layar ponsel terlalu lama sebelum tidur dapat memicu terjadinya gangguan sistem saraf, kerusakan mata, bahkan kelelahan otak? Kali ini kita tidak akan membahasnya terlalu jauh, namun sebagai sebuah perbandingan, jika menatap layar ponsel sebelum tidur dapat mengurangi kualitas dan waktu tidur Anda. Mendengarkan musik justru sebaliknya. Efek rileks yang diciptakan oleh sebuah musik justru seringkali dijadikan sebagai sebuah obat Insomnia bagi mereka yang mengalami gangguan tidur dan seringkali kehilangan kualitas tidurnya.

Mengapa demikian? Karena jika kekurangan tidur dapat menyebabkan hormon melatonin dalam tubuh Anda terganggu, dan lebih jauh hal itu akan turut memperburuk mood Anda untuk beraktivitas dikeesokan harinya. Berbanding terbalik dengan hal itu, aktivitas mendengarkan musik seperti yang telah sama-sama kita bahas tadi justru membantu pelepasan hormon dopamin yang memicu terjadinya perasaan senang, meningkatkan mood bahkan membantu tidur jauh lebih nyenyak dari pada sebelumnya.   

5. Musik Menambah Kualitas Hubungan Sosial Kita Dimasyarakat



Sebagai makhluk sosial, manusia diciptakan untuk saling berinteraksi dan bergantung satu sama lain. Dan salah satu cara untuk memupuk kebiasaan baik yang satu ini adalah dengan bergabung kedalam sebuah komunitas. Tempat dimana kita dapat belajar dan bertumbuh bersama dengan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama dengan kita. Dan seperti halnya para pesepeda yang membentuk komunitas-komunitas bike to work maupun bike to campus didaerah mereka masing-masing. Mereka yang menyukai musik pun, biasanya akan mulai membentuk komunitasnya masing-masing sesuai dengan aliran musik yang mereka suka. Ada yang membentuk komunitas musik jazz indonesia, ada yang membentuk komunitas musik hip-hop indonesia, serta beragam komunitas musik indonesia lainnya yang tentu saja akan menjadi sebuah wadah positif bagi para anak muda untuk mengembangkan kreatifitas maupun kehidupan sosialnya. Misalnya, komunitas Klab Jazz dari kota kembang Bandung, Komunitas Jazz Kemayoran (KJK) dari Ibukota dan komunitas-komunitas lainnya yang bahkan sempat menjadi tajuk utama dibeberapa portal berita informasi, seperti MLDSPOT (https://www.mldspot.com).

Nah, itulah beberapa alasan lain mengapa musik kemudian menjadi elemen yang cukup penting didalam kehidupan kita yang sekaligus turut menjelaskan kepada kita apa saja manfaat musik yang kadangkala luput dari perhatian kita... :)

So, jangan pernah abaikan aktivitas menyenangkan yang satu ini ya guys :)


0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me