Jumat, 14 Juli 2017

AC Gree, AC Canggih dengan Teknologi Cerdas Yang Ramah Lingkungan dan Hemat Energi


Dahulu, keberadaan AC (air conditioner) mungkin hanya dianggap sebagai sebuah kebutuhan sekunder dalam kehidupan kita. Terlebih jika ingin dibandingkan dengan beragam kebutuhan pokok lainnya, yang memang merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat bertahan hidup. Namun kini, seiring perubahan iklim global yang semakin ekstrem dan kian tak menentu dari hari kehari. Keberadaan AC, mulai dipandang sebagai sebuah kebutuhan primer yang sebisa mungkin berusaha untuk dipenuhi oleh semua orang. Khususnya bagi mereka yang tinggal didaerah padat penduduk dengan tingkat polusi dan pencemaran udara yang bisa dikatakan cukup tinggi, seperti halnya Ibukota Jakarta.

Mengapa? karena dari sekian banyak penyebab pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim yang terjadi belakangan ini, tak bisa dipungkiri, jika polusi dan pencemaran udara termasuk salah satu diantaranya.

Tak heran jika kemudian, penggunaan AC yang awalnya lebih sering kita jumpai di gedung-gedung perkantoran dan kawasan pabrik, kini dapat dengan mudah kita temui dihampir sebagian besar rumah tinggal dan pemukiman padat penduduk disekitar kita. Alasannya? tentu, karena setiap kita mendambakan suasana yang nyaman dimana pun kita berada, lebih-lebih ketika kita sedang berada di dalam rumah.

Hanya yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, sudahkah kita menggunakannya (AC) dengan cukup bijak? Karena seperti yang telah sama-sama kita ketahui, diantara beragam barang elektronik yang sangat sering kita gunakan, nyatanya, AC memang menyedot cukup banyak penggunaan listrik dirumah kita. Terlebih dalam kondisi cuaca yang cukup panas, yang mau tidak mau memaksa kita untuk menurunkan suhu ruangan dengan bantuan AC. Karena semakin dingin kita mengatur temperatur atau suhu ruangan kita, maka semakin besar juga daya listrik yang kita gunakan. Dan semakin besar daya listrik yang kita gunakan, akan semakin besar juga anggaran yang harus kita keluarkan untuk membayar tagihan listrik bulanan kita.

Nah, setelah mengetahui fakta tersebut, apa yang seharusnya mulai kita lakukan agar tagihan bulanan kita tidak semakin membengkak?

Beberapa tips bijak dalam menggunakan AC berikut ini, mungkin bisa mulai anda lakukan:

1. Pilihlah PK AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan anda

Salah satu pertimbangakan mendasar yang harus kita pikirkan masak-masak sebelum membeli AC adalah berapa PK, kapasitas AC yang kita butuhkan? Agar jangan sampai, untuk ruangan yang sebetulnya hanya menbutuhkan AC dengan kapasitas 1/2 PK, justru kita pasangi AC dengan kapasitas 3/4 - 1 PK. Dan sebaliknya, untuk ruangan yang sebetulnya membutuhkan kapasitas sebesar 1 PK justru kita paksakan dengan AC yang hanya berkapasitas 1/2 PK.

Karena hal itu justru akan berimbas pada penggunakan listrik yang kurang efisien.

2. Pilihlah Jenis AC yang menurut anda paling tepat

Jika ingin dipasang dikamar tidur, dengan intensitas menyala yang cukup lama, ada baiknya jika yang anda pilih adalah jenis AC Inverter. Karena dalam keadaan ruangan yang jarang dibuka tutup, jenis AC ini dapat dikategorikan cukup efisien.

Dan sebaliknya, jika AC yang anda beli hendak dipasang di ruang tamu, atau ruang lain yang sering dibuka tutup dengan intensitas pemakaian yang tidak terlalu lama, jenis AC Low Watt mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

3. Gunakanlah AC Seperlunya dan Manfaatkanlah Penggunaan Timer

Jika hendak meninggalkan ruangan dalam waktu yang cukup lama, alangkah lebih bijak jika anda mematikan AC anda terlebih dahulu, ketimbang membiarkannya menyala hingga anda kembali keruangan tersebut. Terlebih jika selain anda, tidak ada orang lain didalam ruangan tersebut.

Dan jika ingin ditinggal tidur, aturlah timer yang sesuai agar AC dapat mati secara otomatis ketika anda sudah lelap tertidur. Karena setelah mati pun, sebetulnya ruangan yang anda tiduri akan tetap terasa dingin dalam beberapa jam kedepan. Dan tentu, dengan melakukan pengaturan timer, efeknya juga jauh lebih sehat ke tubuh kita, ketimbang menyalakan dan menggunakan AC sepanjang malam hingga kita bangun keesokan harinya.

4. Aturlah temperatur suhu dengan tepat

Karena seperti yang telah sama-sama kita ketahui diawal tadi. Semakin dingin kita mengatur suhu ruangan kita, maka akan semakin besar juga daya listrik yang kita gunakan. Dan lebih jauh, akan semakin besar juga anggaran yang harus kita keluarkan. So, sepanas apapun cuaca yang kita rasakan, hindarilah kebiasaan buruk kita untuk menurunkan suhu AC ketingkat yang paling dingin dalam waktu singkat.

5. Hindari kebiasaan buka tutup ruangan

Ingatlah untuk terlebih dahulu menutup pintu, jendela dan ventilasi udara anda sebelum menghidupkan AC, dan jangan terlalu sering membuka tutup pintu atau jendela ketika AC sedang menyala. Agar sirkulasi udara dingin yang anda rasakan dapat tetap terjaga, dan tidak terbuang keluar ruangan.

6. Bersihkan AC secara rutin.

Kecenderungan kita adalah membersihkan AC ketika AC tersebut sudah tidak terlalu dingin. Padahal, merawat AC dengan membersihkannya secara rutin, dalam beberapa minggu sekali justru merupakan tindakan yang paling tepat untuk menjaga kondisi AC agar tetap dingin dan awet. Karena dalam keadaan yang bersih, tentu sirkulasi udara yang kita rasakan pun akan jauh lebih segar dan sehat. Bahkan beban listrik yang digunakanpun, akan menjadi jauh lebih ringan karena AC yang anda miliki tidak lagi harus bekerja secara ekstra. 

Nah, salah satu cara membersihkan AC yang paling mudah dan bisa kita lakukan sendiri, adalah dengan mencuci filter AC, tempat dimana debu ruangan yang tersedot kemudian mengendap. Atau jika ragu untuk melakukannya sendiri, anda bisa menggunakan jasa pembersih AC dari para tukang reparasi AC. Hanya yang perlu diperhatikan adalah, hindari pemakaian obat AC yang seringkali ditawarkan oleh oknum-oknum nakal.

7. Pilihlah AC yang tidak hanya sekedar dingin.

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, salah satu pertimbangan lain yang harus kita pikirkan ketika membeli AC adalah, seberapa canggih teknologi yang tertanam dalam produk AC tersebut. Karena tentu, yang kita butuhkan bukan hanya AC yang mampu menyalurkan sirkulasi udara dingin. Namun juga AC yang ketika digunakan, dapat berdampak positif baik itu bagi kesehatan tubuh kita, maupun juga bagi lingkungan sekitar kita.

Karena seperti yang sama-sama kita ketahui, beberapa waktu yang lalu, pemerintah melalui Kementrian Perindustrian pun telah mengeluarkan larangan penggunaan bahan pendingin CFC dan Hydrochloroflourocarbon (HCFC) untuk produk AC. Karena kedua bahan tersebut dianggap membahayakan molekul ozone yang ada di lapisan stratosfer bumi kita.

Sebuah fakta baru yang cukup mencengangkan bukan? Lantas adakah bahan pendingin lain yang jauh lebih ramah lingkungan?

Jawabannya, ada. Dan salah satunya adalah R410A

Dan salah satu produsen AC terkemuka dunia yang telah lebih dulu mengadopsi bahan pendingin R410A adalah Gree. 

Gree? 

Yap, Gree... 

Bagi anda yang mungkin belum terlalu familiar dengan brand pendingin ruangan yang satu ini. Mari kita bahas sedikit tentang asal-usul brand yang satu ini.

Gree Electric Appliance Inc. of Zhuhai atau yang biasa disingkat dengan Gree merupakan salah satu produsen AC terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1991 di Zhuhai, Guangdong, China. Perusahaan yang memiliki 9 basis produksi yang tersebar di China, Brazil dan Pakistan ini pun sempat didaulat menjadi official partner pendingin ruangan untuk event akbar Piala Dunia di Afrika Selatan pada tahun 2010 silam, serta official partner pendingin ruangan untuk Olimpiade Beijing tahun 2008 lalu. 

Perusahaan yang dipimpin oleh Dong MingZhu ini, bahkan menempati urutan teratas sebagai perusahaan peralatan rumah tangga terbesar di dunia. Dan pada tahun 2015 lalu, Forbes bahkan menempatkan Gree pada urutan 385 digelaran Forbes Global 2000. 

Istimewanya lagi, produsen yang telah menjual sedikitnya 300.000.000 unit pendingin udara ke seluruh dunia ini, telah memperoleh banyak sertifikasi dan penghargaan bergengsi, berkat kiprahnya dalam inovasi dan teknologi pendingin udara yang ramah lingkungan dan hemat energi. Beberapa diantaranya adalah, Quality Summit Award of New York, World Quality Commitment, UL, CL TUV, dan masih banyak lagi.

Lantas bagaimana kiprah Gree di tanah air?

Di Indonesia sendiri, PT GREE Electric Appliances Indonesia mulai mengepakkan sayapnya pada 12 Agustus 2015 lalu. Dengan kantor pusat yang terletak di Jakarta, dan beberapa Kantor Cabang yang tersebar di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Yang berafiliasi resmi dengan Jaringan Synergi Mandiri (JSM) dalam hal customer support mereka.

Lebih jauh lagi, pada 28 April 2016 lalu, Gree Indonesia telah secara resmi memperkenalkan Exclusive Store mereka yang terletak di Emporium Pluit Mall, Jakarta, demi membuktikan komitmen dan keseriusan mereka untuk terjun ke pasar alat pendingin udara ditanah air. Sesuai dengan visi dan misi yang selama ini mereka usung yakni, 

To create a leading air conditioning in the world, build
Gree become a World Brand for hundred years.
Serta 

Promote industry spirit, pursuit of the perfect quality,
provide professional services and creating a
comfortable environment
Bahkan kemunculan AC Gree dalam beberapa program acara TV swasta belakangan ini, sekaligus ikut membuktikan eksistensinya di Indonesia.

Wow, cukup menarik bukan? namun tunggu dulu, karena bukan hanya asal usulnya saja yang akan membuat anda tercengang, karena lebih dari pada itu, hampir seluruh produk pendingin ruangan yang di produksi oleh Gree, selalu disertai dengan beragam inovasi terbaru yang menjadikan AC Gree sangat layak disebut sebagai Pelopor AC Canggih.


Nah, sampai disini anda mungkin akan mulai bertanya, apa saja inovasi yang coba dihadirkan oleh AC Gree, dan apa saja keunggulan produk AC Gree jika dibandingkan dengan produk AC sejenis dari produsen lain?

Mari kita bahas satu-persatu,
Pertama, untuk masalah Inovasi, Gree merupakan industri pendingin udara pertama yang menghadirkan AC ramah lingkungan tanpa menggunakan bahan pendingin HCFC yang dianggap sebagai salah satu biang keladi pengikisan lapisan ozone.

Selain itu, Gree juga merupakan produsen AC pertama dunia yang memperoleh sertifikasi untuk bahan pendingin R32 yang merupakan bahan pendingin ramah lingkungan. Dan tak ketinggalan, Gree juga merupakan penggagas jalur R290 pertama di dunia. 

Tak heran jika kemudian, Dong MingZhu, selaku direktur Gree juga didaulat sebagai Duta besar Sustainable Urban Development oleh Departemen Pembangunan PBB. 

Kemudian selanjutnya, apa saja keunggulan produk AC Gree jika dibandingkan dengan produk AC sejenis dari produsen lain?


1.  AC Gree sudah mengantongi beberapa sertifikasi Nasional terkait Standart dan Mutu Produk

Yang antara lain, Bebas CFC dan HCFC, Lulus Standard Kinerja Energi Minimum (SKEM), Lulus Standart Nasional Indonesia (SNI) serta sertifikasi dengan 4 bintang dalam hal produk hemat energi. Dan tentu, itu baru dalam taraf nasional saja. 

2. AC Gree menggunakan Evaporator Kualitas A+


Maksudnya adalah, seluruh bagian Evaporator pada AC Gree sudah dilapisi dengan Blue Fin yang dapat mencegah Karat, Korosi, serta penumpukan kotoran. Sehingga proses pendingingan menjadi 2x lebih optimal. Berbeda dengan Evaporator merek lain yang biasanya hanya dilapisi dengan Cat atau bahkan tidak dilapisi sama sekali. 

Selain itu, kapasitas pendingin Gree juga 2x lebih besar dari kapasitas pendingin merek lain.

3. Kualitas Gold Fin Terbaik
 

Bagian Condensor Gree menggunakan Gold Fin sebagai lapisan yang fungsinya hampir mirip dengan Blue Fin, yakni mencegah karat, korosi, dan penumpukan kotoran. Serta melindungi Condensor dari cuaca ekstrem.

Selain itu, AC Gree juga dilengkapi dengan pelindung yang berfungsi untuk menjaga fin dari benturan yang dapat mengganggu kinerja kondenser.

4. Filter dengan Akurasi Tinggi

AC Gree mempunyai filter standar dengan tingkat akurasi kerapatan hingga 0.3 mm sehingga dapat menyaring kotoran dan debu dengan sangat baik. Selain itu, Gree juga menyediakan 6 filter DIY yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita, seperti Filter pembersih tungau, Filter Antiseptik, Filter penghilang bau dengan Nano Fotokalis, Filter anti bakteri penghilang formalin, Filter alami anti bakteri, dan filter vitamin C dan anti biosida.

Hal ini sengaja dirancang oleh Gree untuk memperkaya sterilisasi oksigen yang kita hirup. Itulah mengapa ketika fitur Cold Plasma diaktifkan, saking segarnya udara yang anda rasakan. Anda akan serasa berada di alam bebas dengan hutan dan bukit disekita anda.

5. Box Elektrikal Terintegritas

Box elektrikal pada AC Gree dibuat dengan bahan metal berkualitas tinggi yang tidak mudah terbakar, dengan tujuan mencegah terjadinya hubungan arus pendek listrik. Selain itu, Box elektrikal pada AC Gree juga dibuat tertutup rapat untuk meminimalisir masuknya air pada saat perawatan. Berbeda dengan box elektrikal pada merek lain yang biasanya terbuat dari bahan plastik yang hanya tertutup sebagian. 

6. Super Power Cross Flow Fan

AC Gree memiliki jangkauan 30% lebih jauh dari merek lain. Jika merek lain hanya mampu menghembuskan angin sejauh 6 hingga 7 meter. Dengan teknologi Super Cross Flow Fan ini, AC Gree mampu menghembuskan angin sejauh 9 meter. 

7. Berbahan Dasar Baru, Tanpa Daur Ulang

Dan ini yang terpenting. Gree selalu menggunakan bahan dasar baru dalam setiap material AC yang dibuatnya, dan tidak pernah menggunakan bahan dasar daur ulang. Itulah mengapa warna kipas pada AC Gree terlihat transparant, dan bukan hitam atau berwarna seperti kebanyakan merek AC lain. Karena biji plastik baru jelas selalu berwarna transparant.

8. PCB dengan Teknologi Canggih


Untuk masalah PCB (Printed Circuit Board) sendiri, Gree memproduksinya dengan memanfaatkan Robot Industri otomatis dengan tingkat akurasi dan presisi yang sangat tinggi untuk menghasilkan PCB dengan teknologi yang sangat canggih. 

9. Melewati Lebih dari 100 tahap Proses Produksi

Setiap unit AC Gree melewati lebih dari 100 tahap proses produksi yang ditangani oleh tenaga profesional dibantu dengan robot industri dan harus melewati pengujian yang sangat ketat di laboratorium sebelum dilepas kepasaran. So, bisa dibayangkan bukan? seberapa baik mutu produk yang nantinya sampai ketangan customer.

10. Inverter Super penghemat energi


AC Gree hanya mengkonsumsi daya serendah 45 Watt, berkat kompresor 2 tahap dan teknologi 1 Hz-nya. Dan hal ini menjadikan Gree layak disebut sebagai legenda dalam hal kinerja pendingin udara. Dan hal ini tentu cukup sejalan dengan program pemerintah dalam hal penghematan energi.

Dan kabar baiknya bagi kita adalah, biaya listrik bulanan kita pun akan jauh lebih murah dengan menggunakan AC Gree.

11. Tegangan Awal yang Rendah

Dengan teknologi Inverter yang diciptakannya, AC Gree dapat beroperasi dengan tegangan awal yang cukup rendah, yaitu hanya sekitar 150 V.

12. Sangat Sunyi



Pernah mendengar suara AC yang cukup kasar pada malam hari? Hal itu tidak akan terjadi jika anda menggunakan AC Gree, sebab inovasi struktur dan materi berteknologi tinggi yang dihadirkan Gree, mampu mengurangi kebisingan hingga 18dB.

13. Ramah Lingkungan

Dan seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Gree selalu menghadirkan produk yang ramah lingkungan demi turut menjaga kelestarian bumi dari pengikisan ozone dan global warming.

14. AC Gree jauh lebih cerdas

Dengan fitur 360° iFeel nya, remote kontrol Gree dapat dengan mudah mendeteksi temperatur tubuh manusia dan suhu ruangan disekitarnya. Selain itu, teknologi WiFi smart control yang disematkan pada Gree, memungkinkan kita untuk menggunakan smartphone dalam pengoperasian AC Gree saat sedang tidak memegang remote. 

Dan tidak hanya itu, teknologi Smart Sleep Curve DIY Mode+ memungkinkan kita untuk menciptakan 4 mode tidur sesuai dengan keinginan kita. 

Lantas bagaimana ketika tiba-tiba listrik dirumah kita padam? Seberapa cerdaskah AC Gree? Jangan khawatir, karena dengan teknologi pengingat pintarnya, AC Gree dapat mengingat status operasi dan pengaturan fungsi secara otomatis sebelum kejadian dan akan beroperasi kembali seperti saat listrik belum padam. 

Cukup pintar bukan?

15. Desain Premium yang Tampak Mewah


Dan terakhir, desain premium yang diusung Gree juga dipastikan akan menambah unsur estetika kedalam rumah tinggal kita.

Nah itulah kira-kira 15 Keunggulan dan beragam Inovasi yang membuat Gree layak menjadi brand pilihan anda untuk masalah pendingin ruangan. 

Lantas bagaimana dengan garansi produk yang akan diterima oleh konsumen?

Nah ini yang paling istimewa, sebab tidak main-main, Gree bahkan berani memberikan 5 tahun garansi perbaikan kompresor, serta 3 tahun garansi sparepart untuk unit AC bertipe Split Wall  Mounted. Dan untuk unit AC bertipe floor standing-nya, Gree memberikan 3 tahun garansi perbaikan kompresor, serta 1 tahun garansi sparepart. 

Dan yang paling luar biasa adalah, Gree memberikan anda jaminan 180 hari Gratis ganti baru*, jika setelah proses pembelian, anda menemui kendala atau malfungsi yang menyebabkan pendinginan bekerja dengan kurang optimal.

So, tunggu apa lagi? segera ganti AC rumah anda dengan AC Gree, demi hidup yang lebih sehat dan lingkungan yang lebih baik... :)

*Sesuai Syarat dan Ketentuan yang Berlaku
 

0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me