Sabtu, 03 Juni 2017

Inilah, 3 Cara Mudah Untuk Merawat Dan Membersihkan Karpet Mobil Anda


Jika ingin diamati lebih jauh, ada sebuah kecenderungan sosial yang secara perlahan mulai bergeser ditengah perubahan gaya hidup masyarakat urban disekitar kita. Jika dahulu, banyak diantara kita yang lebih mengutamakan kepemilikan hunian atau tempat tinggal sebagai sebuah kebutuhan dasar yang harus kita penuhi terlebih dahulu. Hari ini, kita justru menjadi bagian dari masyarakat urban yang jauh lebih mengutamakan kebutuhan akan kendaraan pribadi, ketimbang kebutuhan akan hunian pribadi.

Salah satu faktor utama yang menyebabkan perubahan gaya hidup tersebut adalah tingkat mobilitas kita yang jauh lebih tinggi dari pada sebelumnya, dimana sebagian besar waktu yang kita habiskan saat ini, jauh lebih banyak tersita diluar rumah ketimbang didalam rumah. Dan untuk menunjang hal tersebut, memiliki kendaraan pribadi, mau tidak mau menjadi salah satu kebutuhan dasar yang wajib kita penuhi, untuk dapat beraktivitas dan menjalani rutinitas dengan lebih nyaman dan teratur.

Salah satu jenis kendaraan pribadi yang cukup digemari dan seringkali menjadi pilihan utama kaum urban ibukota untuk memenuhi kebutuhan mobilitasnya, adalah jenis kendaraan roda empat yang biasa kita kenal dengan istilah Mobil. Karena selain jauh lebih nyaman untuk digunakan ketika menempuh rute perjalanan yang cukup jauh, jenis kendaraan dengan kabin tertutup yang satu ini, juga jauh lebih tangguh terhadap segala bentuk perubahan cuaca ekstrem yang kadangkala terjadi secara mendadak ketika kita sedang berkendara. Dan lebih jauh lagi, beberapa komponen hiburan yang terdapat didalam interior mobil, seperti Tape maupun TV mobil, secara tidak langsung akan ikut mengurangi tingkat kejenuhan kita, ketika sedang berkendara menyusuri kepadatan lalu lintas di sekitar kita. 

Nah, bicara soal kenyamanan ketika berkendara, kebersihan eksterior dan interior mobil, menjadi dua faktor utama yang harus selalu Anda jaga dan perhatikan. Sayangnya, kebersihan eksterior mobil kadangkala jauh lebih kita prioritaskan dari pada kebersihan interiornya sendiri. Wajar memang, karena bagian body mobil memang merupakan bagian terluar yang akan langsung terlihat mencolok ketika mulai kotor dan kusam. Namun yang perlu Anda ingat, kondisi kabin mobil yang berantakan dan kotor, juga akan turut mengurangi tingkat kenyamanan Anda ketika berkendara. 

Dan salah satu bagian interior mobil yang wajib untuk selalu Anda jaga kebersihannya adalah bagian karpet mobil yang berada tepat dibagian bawah kabin mobil Anda. 

Mengapa demikian? 

Karena dibandingkan dengan bagian lain didalam kabin mobil Anda, bagian karpet mobil merupakan bagian yang paling mudah terkena segala jenis kotoran, debu serta cipratan/tetesan air, yang jika dibiarkan terlalu lama mengendap akan menimbulkan bau yang kurang sedap dalam kabin mobil Anda. Belum lagi, sekalipun berfungsi untuk menjaga kondisi mobil agar tetap kering, karpet mobil yang kotor dan lembab juga berpotensi menguap dan meyebabkan kaca mobil Anda menjadi lebih cepat berembun dan kusam.

Lantas bagaimana cara termudah untuk merawat dan membersihkan karpet mobil Anda?

1. Usahakan untuk selalu melapisi karpet dasar mobil Anda dengan aksesoris karpet mobil tambahan yang bisa dengan mudah Anda temui diberbagai pusat onderdil dan aksesoris mobil maupun beragam marketplace dan online shop besar seperti MatahariMall.com.

Tujuannya? tentu, selain untuk menambah nilai estetika, karpet tambahan ini dapat sekaligus berfungsi untuk melindungi karpet dasar mobil Anda dari beragam kotoran, debu maupun cipratan/tetesan air secara langsung. Karena bukan rahasia umum lagi, kalau karpet dasar mobil kita memiliki bahan yang agak sukar untuk dibersihkan. Dan dengan melapisinya, PR kita untuk membersihkannya secara rutin tentu akan menjadi jauh lebih ringan.

2. Selalu cuci karpet mobil Anda secara berkala. 

Ketika hendak mencuci body mobil, usahakan juga untuk mengeluarkan dan mencuci seluruh karpet mobil Anda, baik yang berada dibagian kabin maupun yang berada dibagian belakang/bagasi mobil Anda. Karena lagi-lagi, fungsi karpet tambahan yang kita gunakan untuk melapisi karpet dasar mobil kita, bukan untuk menghalangi segala macam kotoran atau debu yang masuk, melainkan hanya untuk mengurangi paparan noda agar lebih mudah untuk dibersihkan.

Nah, untuk mencuci dan membersihkannya, Anda bisa menyikatinya dengan sedikit deterjen atau shampoo mobil dan membilasnya dengan air bersih. Namun yang sangat perlu Anda perhatikan adalah, jangan langsung memasang karpet mobil Anda dalam keadaan basah. Karena bukannya bersih, Anda malah akan membuatnya semakin kotor dan sulit untuk dibersihkan. Cara terbaik adalah, dengan mengeringkannya terlebih dahulu dibawah paparan sinar matahari maupun dengan menggunakan hair dryer (pengering rambut) dan baru setelah itu memasangnya kembali jika dirasa sudah cukup kering. 

Atau jika Anda terbiasa menggunakan jasa pencucian mobil di pinggir jalan, mintalah juga kepada mereka untuk membersihkan atau jika mungkin untuk mencuci karpet mobil Anda sekalian. Dan sebagai rekomendasi, jasa pencucian mobil dengan atap berwarna orange menawarkan harga yang cukup murah bagi Anda yang tinggal disekitar Jakarta dan Tangerang.

3. Dan terakhir, setiap beberapa hari sekali, usahakan untuk membersihkan bagian karpet tambahan mobil Anda, dengan menggunakan vacuum cleaner atau sikat plastik yang cukup lembut untuk menyingkirkan kotoran-kotoran kecil yang mungkin masuk ataupun rontokan makanan yang tidak sengaja terjatuh ke karpet mobil. 

Nah, itulah kira-kira 3 cara mudah untuk merawat dan membersihkan karpet mobil Anda....

0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me