Rabu, 28 Desember 2016

3 Resep Dessert Sehat Yang Wajib Anda Coba Dirumah!


Pernah mendengar istilah dessert? Yap, istilah yang merujuk pada hidangan penutup yang biasa disajikan setelah kita selesai menyantap main course alias hidangan utama ini, memang sudah tidak terlalu asing lagi ditelinga kita. Dan sekalipun menu dessert lebih sering dikaitkan dan diidentikan dengan gaya hidup glamour dari kaum urban ibukota, nyatanya, jauh sebelum istilah tersebut mulai akrab ditelinga kita, kita justru sudah sangat akrab dengan kebiasaan tersebut. Nggak percaya? silahkan tanyakan pada diri anda sendiri, seberapa sering anda menyantap buah-buahan ataupun ice cream (es krim) setelah selesai menikmati sajian hidangan utama anda. Jawabannya, tentu lumayan sering bukan? Yap, karena setelah menikmati hidangan yang cukup berat, seperti olahan daging sapi, ikan ataupun hidangan lainnya, buah-buahan ataupun ice cream (es krim) memang terbukti cukup ampuh untuk menetralisir rasa amis ataupun eneg yang masih kita rasakan setelah selesai bersantap ria.

Nah, dalam perkembangannya, menu dessert mulai kian sering dikombinasikan dengan hidangan segar dan manis lainnya, seperti teh, susu, daun mint dan lain sebagainya. Karena tanpa perlu ditanya pun, banyak orang yang akan jauh lebih memilih menu dessert yang bukan hanya enak dan segar untuk dinikmati oleh lidah, namun juga segar, enak dan memiliki estetika keindahan yang dapat dinikmati oleh panca indra penglihatan.

Tak heran jika kemudian, banyak orang yang mulai suka mencari dan mengoleksi resep dessert yang mudah untuk mereka ikuti dan sajikan sebagai hidangan penutup bagi anggota keluarganya dirumah.

Nah, jika anda termasuk salah satu diantaranya, 3 resep dessert berikut ini, mungkin bisa menjadi pilihan yang dapat anda coba sendiri dirumah.

1. Es Teh Susu Cincau

 Ilustrasi gambar: resepdanmasakan.com

Pernah minum es teh susu? Sederhana bukan? tapi kalau ditanya seberapa segar minuman tersebut dilidah dan kerongkongan kita. Kita tentu akan menjawab cukup segar, apalagi jika kita menikmatinya di cuaca siang yang cukup terik. Nah, bagaimana jika es teh susu tersebut kita kombinasikan dengan Cincau. Yap, cincau sebuah hidangan yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan lambung ini, dapat dengan mudah kita jumpai di supermarket, pasar tradisional, maupun penjajak sayur keliling. Dan harganyanya pun relatif murah. Untuk cincau dengan cita rasa jeruk, anda bisa membelinya dengan harga kurang dari 10rb rupiah, bahkan untuk cincau tawar biasa harganya hanya sekitar 3-6rb rupiah. Cukup murah bukan?

Dan penyajiannya pun bisa dikatakan cukup mudah. Langkah pertama, anda hanya tinggal menyeduh teh dan gula dengan air mendidih tunggu kira-kira 5 menit hingga teh mengental dan gula ikut larut, supaya lebih mudah anda bisa menggunakan teh celup, semisal Teh SariWangi. Karena jika menggunakan teh tubruk, anda harus terlebih dahulu menyaring ampas tehnya. Nah, untuk kekentalan teh dan kemanisan gula silahkan sesuaikan dengan selera anda masing-masing. Jika sudah campur 1 sachet susu kental manis, atau silahkan sesuaikan dengan selera anda. Kemudian aduk rata teh dan susu tersebut, bisa dengan sendok teh atau bisa juga dengan 1 gelas lain jika ingin meniru gaya barista ketika menyajikan kopi. Jika sudah, potong dadu cincau yang telah anda beli dalam ukuran kecil, dan masukan ke dalam teh susu yang telah anda buat tadi. Jangan lupa masukan es batu. Dan jika punya madu, anda bisa menambahkan satu sendok teh madu kedalam resep dessert Es Teh Susu Cincau ini.

2.  Es Teh Leci

 Ilustrasi gambar: makanajib.com

Nah, selain cincau, Leci juga dipercaya sebagai buah yang sangat baik bagi kesehatan kita. Karena selain rendah kalori, leci juga seringkali dijadikan sebagai menu diet atau menu penyeimbang dikalangan kaum hawa. Agar bentuk tubuh mereka tetap ideal, setelah nafsu kuliner mereka terpuaskan. Nah, untuk membuatnya, silahkan buat jus leci terlebih dahulu, bisa dengan blender. Atau jika malas anda bisa membeli jus leci yang sudah jadi di supermarket. Dan jangan lupa potong kecil sebagian buah leci yang sudah anda beli. Kemudian seduh teh dan gula, aduk hingga kental dan rata selama kurang lebih 5 menit. Jika sudah, campur dengan jus leci, serta masukan potongan buah leci dan es batu kedalamnya. And taraaa... Es Teh Leci siap untuk disajikan...

3. Ice Mint Tea Orange

 Ilustrasi gambar: mapsofindia.com

Dari namanya, anda pasti sudah bisa menebak jika bahan dasar yang akan kita gunakan adalah daun mint dan buah jeruk. Kenapa daun mint? karena selain memberikan efek segar ketika dikonsumsi, daun mint juga dipercaya sebagai anti detox yang ampuh untuk membersihkan tubuh anda dari racun makanan. Dan tanpa berlama-lama lagi. Berikut cara pembuatannya:

Robek daun mint yang telah anda beli menjadi 2 bagian, tujuannya supaya aromanya bisa benar-benar keluar. Untuk jumlah daun mint yang ingin digunakan silahkan sesuaikan dengan selera anda. Jika sudah didihkan daun mint dengan air. Kemudian siapkan teh celup SariWangi, campur sedikit gula sesuai selera, dan cor dengan didihan air mint tadi.  Aduh rata sekitar 5 menit, Dan tambahkan potongan jeruk dan es batu.

Mudah bukan? dan selain mudah, ketiga resep dessert diatas, sudah barang tentu ikut menyehatkan tubuh kita. Oiya, terakhir maribicara sariwangi dulu biar kita nggak salah paham *biar kaya di iklan-iklan gitu*. Tahukah anda kenapa hidangan pencuci mulut alias dessert sangat identik dengan rasa manis? Jawabannya, karena rasa manis memberikan kita efek kenyang yang tahan lama. So, itu juga kenapa setelah menyantap sajian dessert, jarang sekali orang yang kemudian masih merasa lapar dan butuh menu main course part 2 hehe... 

Nah, sekarang giliran anda yang mencobanya... :) 


Sedang Memuat...

2 komentar:

  1. Es Teh Susu Cincau mantap tuh,
    cincaunya bikin seger tenggorokan.

    BalasHapus
  2. yang paling masuk akal buat orang kampung seperti saya ya es cendol cincaunya gan, lebih mantep di sruput apalagi habis makan siang sama sambel trasi di malam senin.

    BalasHapus

Connected with Me