Kamis, 06 Oktober 2016

Berikut, 3 Tips Memakai Jilbab Model Masa Kini Yang Wajib Anda Ketahui


Gambar: Instagram @dwihandaanda

Jika merujuk pada tren busana muslimah yang sedang "in" saat ini, mungkin ada beberapa wanita muslimah yang akan beranggapan bahwa kata hijab jauh lebih terdengar modis ketimbang kata jilbab. Namun, karena akar kata hijab dalam bahasa Arab sendiri hanyalah berarti penutup atau penghalang yang sifatnya jauh lebih umum, sekalipun memang bisa juga merujuk pada kerudung atau jilbab yang digunakan wanita-wanita muslim untuk menutupi aurat tubuhnya. Maka dari itu, supaya tidak menimbulkan makna yang ambigu, kali ini kita hanya akan menggunakan kata jilbab saja.

Karena seperti apa yang pernah disampaikan oleh Syaikh Al Bani Rahimahullah, “Setiap Jilbab adalah Hijab, tetapi tidak semua Hijab merupakan Jilbab, sebagaimana yang terlihat."

Nah, bicara soal jilbab. Meskipun masih ada beberapa wanita muslim yang mengenakannya hanya karena mengikuti tren mode yang sedang berkembang saat ini, seperti yang sering kita jumpai pada beberapa publik figur tanah air. Namun, bagi wanita muslim sendiri, menggunakan jilbab seharusnya tetaplah menjadi sebuah kewajiban dasar yang dijalaninya atas dasar keinginan dan niat yang timbul dari dalam hatinya untuk mematuhi anjuran Agamanya.

Karena lagi-lagi seperti yang tertuang dalam ayat suci Al-Qur’an surat An Nur ayat 26 berikut ini:



Untuk itu, sudah sepatutnyalah seorang wanita muslim mengenakan jilbab dan menutupi auratnya dari lawan jenis mereka, selain dari pada suami atau pasangan hidup mereka sendiri.

Sekalipun begitu, Al-Quran sama sekali tidak pernah melarang seorang wanita muslimah yang mengenakan jilbab untuk tetap memperhatikan estetika berbusananya dan mengikut tren mode yang berkembang dimasyarakat, selama apa yang dikenakannya tetaplah busana yang Syar'i.

Dan jika merujuk pada tren busana muslim yang sedang berkembang beberapa tahun belakangan ini. Beberapa tips memakai jilbab model masa kini berikut ini, mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi:

1. Sesuaikan jilbab anda dengan aktivitas yang hendak anda lakukan.

Misalnya, jika hendak menggunakan jilbab untuk aktivitas formal seperti bekerja. Anda bisa menggunakan jilbab segi empat yang dapat dipadupadankan dengan celana bahan dan midi dress yang sesuai dengan ukuran tubuh anda, untuk menimbulkan kesan formal yang classy. Dan pilihlah sepatu hak yang tidak terlalu tinggi, agar anda tetap dapat melakukan aktivitas bekerja anda dengan nyaman tanpa mengabaikan faktor estetika dalam berbusana.

Dan untuk menghadiri acara formal seperti pesta pernikahan, anda tetap bisa menggunakan jilbab segi empat yang bisa anda padukan dengan longdress dan heels atau kebaya dan kain lilit yang bisa dengan mudah anda dapatkan dipasaran. Dan jika memungkinkan, pilihlah bahan yang terlihat sedikit agak mewah (tidak perlu terlalu mahal) supaya kesan glamour dan modern tetap terlihat dalam gaya berbusana anda diacara formal tersebut.

Sedangkan untuk berolahraga, anda bisa mencoba jilbab model instant, seperti bergo eropa misalnya. Dan memadukannya dengan pakaian olahraga khusus wanita berjilbab yang sudah banyak dijual dipasaran. Intinya, karena hendak digunakan untuk berolahraga usahakan menggunakan model jilbab yang praktis dan mudah digunakan, tidak membatasi aktivitas gerak, serta pilihlah bahan yang menyerap keringat, agar anda tetap nyaman saat berolahraga. Dan yang terpenting jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat, karena justru akan menyusahkan diri anda sendiri.

Dan untuk Hangout anda bisa menyesuaikan jilbab anda dengan pakaian yang lebih casual seperti jeans dan kaos serta sepatu kets. Yang pasti jangan gunakan High heels agar tidak terlalu lelah ketika sedang asik hangout dengan sahabat-sahabat anda.

2. Sesuaikan jilbab anda dengan aksesoris yang anda kenakan

Jika busana yang anda gunakan memiliki motif yang sudah cukup ramai, ada baiknya jangan gunakan aksesoris yang terlalu ramai juga. Gunakan saja kalung atau bros jilbab yang sederhana tapi tetap menunjukkan unsur elegant ketika digunakan. Dan sebaliknya, jika motif busana yang anda gunakan terkesan polos, anda bisa menggunakan aksesories yang punya kesan cukup menghidupkan seperti kalung dengan aksen warna cerah. 

3. Jika ingin bermain warna, gunakan maksimal 3 warna saja

Dan terakhir, jangan terlalu banyak bermain warna. Karena salah-salah bukannya terlihat cantik,anda justru akan terlihat aneh karena mengenakan busana yang terlalu ramai dan mencolok.

Itulah kira-kira 3 tips memakai jilbab model masa kini yang dapat anda jadikan sebagai referensi. Dan satu lagi, yang tidak kalah penting, pastikan baju dan jilbab yang anda gunakan juga dicuci dengan menggunakan pewangi pakaian seperti, Molto White Musk. Agar ketika dikenakan nanti, baju dan jilbab anda tetap memberikan wangi yang tahan lama.

Terakhir, jangan takut untuk selalu berinovasi dalam gaya berbusana anda asalkan tren tersebut tidak membuat anda mengabaikan faktor-faktor berbusana yang syar'i dan sesuai dengan anjuran agama Islam.



0 komentar:

Posting Komentar

Connected with Me