Kamis, 29 September 2016

Mengapa Harus Beriklan di Media Digital? Dan Bagaimana Cara Membuat dan Memasang Iklan di Internet?


Jika dibandingkan dengan media konvensional, tak bisa dipungkiri, bahwa media digital memang memiliki jangkauan audience yang jauh lebih luas. Tak terkecuali dalam bidang periklanan. Maka, jangan heran kalau akhirnya banyak perusahaan besar, UKM, bahkan individu perorangan yang lebih memilih untuk meng-iklankan produk dan jasa mereka melalui media digital ketimbang media konvensional.

Alasan pertama yang juga merupakan alasan terutamanya, tentu karena konsumen yang menjadi target penjualan mereka, sebagian besar, jauh lebih mudah mereka jangkau lewat media digital seperti: Media sosial, e-Commerce, Marketplace, Portal berita online, Forum diskusi, Blog dan sejenisnya, ketimbang media konvensional yang jauh lebih general.

Dan alasan ini tentu cukup masuk akal, mengingat secara statistik, menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (KOMINFO), Indonesia memang berada pada urutan keenam sebagai negara pengguna internet terbanyak di dunia dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 83 juta orang, yang diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Alasan kedua, seperti yang sama-sama kita ketahui, biaya pemasangan iklan di internet memang bisa dikatakan jauh lebih murah dari pada biaya pemasangan iklan konvensional. Misalnya, untuk pemasangan sebuah iklan di media cetak seperti koran dan majalah, menurut survey kecil-kecilan yang saya lakukan, anda harus membayar sekitar 50 ribu hingga 250 ribu persekali tayang dalam edisi dan halaman tertentu. Dan untuk pemasangan iklan di media elektronik seperti Radio dan Televisi, dalam skala nasional per 15 hingga 30 detik penayangan, anda kira-kira harus membayar sekitar 5 hingga 20 juta rupiah, tergantung rating dari program yang sedang tayang ataupun jam tayang iklan yang anda inginkan. Cukup mahal bukan?

Bandingkan dengan pemasangan iklan di internet yang bahkan bisa anda lakukan secara gratis lewat markertplace dan forum jual beli maupun media sosial anda masing-masing dengan hanya bermodalkan jaringan internet. Dan bagi perusahaan besar, bentuk iklan pay per click, pay per view, content advertorial, dan sejenisnya tentu akan jauh lebih menghemat anggaran belanja iklan mereka ketimbang jika mereka hanya menghabiskan keseluruhan anggaran belanja perusahaan untuk beriklan lewat media cetak, elektronik dan baliho dibahu-bahu jalan dengan anggaran yang cukup besar.

Nah setelah melihat data dan fakta tersebut, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat iklan di internet?

Cara pertama dan termurah yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan marketplace, forum jual beli dan media sosial anda masing-masing. Dan cara ini bisa dikatakan cukup efektif bagi anda yang baru memulai peruntungan bisnis anda (baik itu bisnis online maupun bisnis konvensional yang ingin anda online kan) karena lewat cara ini, anda bisa sekaligus mempelajari dan mengukur seberapa besar minat dan daya beli konsumen kepada barang dan jasa yang anda tawarkan.

Cara kedua, adalah dengan memilih nama domain yang tepat, membuat website profesional bagi bisnis anda dan memanfaatkan jaringan periklanan digital yang tersedia. Karena jika secara konvensional brand ataupun merk dagang yang anda daftarkan melalui badan hukum memiliki fungsi yang cukup vital, di ranah digital nama domain juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting sebagai media branding. Dan jika secara konvensional, lokasi bisnis yang strategis ikut menentukan kesuksesan bisnis anda, diranah digital pun, posisi website anda dalam hasil pencarian search engine akan ikut menentukan perkembangan bisnis anda kedepan. Dan tentu dengan bantuan jaringan periklanan digital, anda tidak perlu terlalu repot mempromosikan keberadaan website yang telah anda buat seorang diri. Salah satu jaringan periklanan digital yang memiliki reputasi yang sangat baik dan cukup berpengalaman dalam bidang ini adalah Partner Iklan. Dan jika anda bertanya kenapa harus melalui Partner Iklan? Jawabannya, anda memang dapat beriklan di Google AdWord dan jaringan iklan lain tanpa melalui mereka, namun jika melalui mereka anda tidak perlu repot melakukan analisa keywords. Cukup pilih paket periklanan sesuai budget dan kebutuhan anda.

Namun untuk cara kedua, anda sebaiknya memiliki pengetahuan dasar yang baik dalam bidang ini. Minimal anda harus tau bagaimana cara mengkoneksikan domain dan hosting yang anda beli, dan membuatnya menjadi sebuah website profesional sebelum memanfaatkan jaringan periklanan yang tersedia.

Dan cara membuat iklan di internet yang terakhir, adalah dengan menggunakan jasa dan bantuan digital agency. Karena selain paling efektif, dengan cara ini anda tidak perlu memiliki pengetahuan yang baik dibidang ini, karena mereka yang akan membantu anda menterjemahkan keinginan anda kedalam kerangka kerja mereka. Dan mayoritas digital agency yang sudah ada saat ini, juga sudah menyediakan paket pembuatan, optimasi sekaligus maintenance website bagi klien mereka. So, buat anda yang nggak terlalu seneng ribet-ribet, menurut saya ini cara membuat iklan di internet yang paling mudah, efisien dan ideal untuk anda lakukan.

So, segera promosikan bisnis anda secara digital dan jangan tunggu hingga saingan bisnis anda mendahului anda... :)   

Sedang Memuat...

0 komentar:

Poskan Komentar

Connected with Me