Senin, 27 Agustus 2012

Sumbangan

Hem... ngomongin tentang sumbang-menyumbang, baik secara sukarela atau pun sangat-sangat nggak rela, saya yakin anda semua pasti pernah memberikan sumbangan dalam bentuk apapun, lewat pihak manapun dan untuk tujuan atau alasan apapun, right?

Cuma, yang akhirnya jadi pertanyaan dibenak beberapa orang (termasuk juga saya) adalah, "Kira-kira, beneran disampein ketangan yang tepat nggak sih sumbangan yang kita kasih itu?"

Maaf nih yak sebelumnya hhe... sumpah, saya nggak ada maksud untuk Suudzon apalagi meragukan Integritas badan-badan sosial yang selama ini memang dipercaya untuk melakukan penggalangan dana dari masyarakat itu sama sekali... Dan buat saya pribadi sih, mau uang itu nyampe dimanapun dan ketangan siapapun... saya sih ikhlas-ikhlas aja, wong klo terbukti dimakan sendiri juga yang dosa bukan saya inih hahaha...

Nah, yang jadi masalah adalah ketika "penggalangan dana untuk sumbangan" itu justru dipertanyakan oleh pihak yang merasa nggak pernah ngemis-ngemis minta sumbangan, tapi nama lembaganya justru dipake untuk minta-minta sumbangan disepanjang jalan... yang parahnya lagi, sumbangan itu ternyata nggak pernah seperak pun sampe ke tangan mereka.

Nah lo... hahaha...

Nggak perlu saya sebut lah ya, nama lembaganya dan disepanjang jalan mana nama lembaga itu dipake untuk minta-minta sumbangan, yang pasti lembaga yang saya maksud adalah sebuah Masjid yang lokasinya ternyata cukup jauh dari tempat penggalangan dana itu.

Saya sih jujur nggak curiga sama sekali klo orang-orang yang minta sumbangan atas nama lembaga itu ternyata bahkan nggak pernah dikenal sama para pengurus Masjid tersebut, coba aja anda bayangin, jam 3 pagi waktu orang-orang masih pada tidur ini orang-orang, saya lewat udah pada nyalain rekaman Khutbah aja, belum sepanjang jalan, jala yang biasa buat nangkep ikan udah mejeng tiap 5 meter sekali buat minta sumbangan, itu aja belum seberapa, soalnya saking getolnya saya sering ngeliat ada beberapa orang dari mereka yang sengaja masuk ke bus-bus umum untuk minta sumbangan kepenumpang bus.

Dan anda tau mereka udah minta sumbangan disitu sejak kapan? seinget saya udah sejak 5 atau 6 tahun lalu, padahal Masjid yang namanya mereka pake aja saya denger udah berdiri megah dari kapan tau *lol

And now... jumlah mereka (yang minta sumbangan itu) saya liat udah jauh berkurang dari sebelumnya, entah karena malu, udah bener-bener sadar dan taubat, atau justru karena mereka udah dapet lokasi baru untuk dimintain sumbangan :)

Yang jelas, saya cuma bisa ber-do'a, supaya mata hati mereka itu dibuka selebar-lebarnya sama Gusti Allah...

Oalah... Masjid lho iki... lha kok 'jek wani-wani'ne di Objeki tah... Fiuh!!!!

*Oiya, Siang tadi saya sempet beli minuman botol disalah satu minimarket, dan begitu saya bayar, kasirnya nanya, mas kembaliannya mau disumbangin? dan secara spontan saya bilang, ya udah sumbangin aja gpp... cuma yang jadi masalah, itu mau disumbangin kemana tah? kok saya nggak ngeliat ada poster atau pemberitahuan apapun ya tentang sumbangan itu hahaha... klo tahun lalu sih iya, saya tau mereka ngadain pengumpulan dana dari konsumen untuk PMI, lha tahun ini? PMI lagi tah? semoga minimarket yang merasa saya singgung baca postingan ini, dan sadar untuk sekedar bikin pemberitahuan lewat poster biar konsumen nggak bingung :)


Sedang Memuat...

Connected with Me